Kiat Mengatasi Kecemasan Pre Operasi

Medianers ~ Jika sudah berurusan dengan penyakit dan didiagnosis oleh dokter harus dioperasi, mungkin itu informasi yang paling menakutkan dan mencemaskan dalam hidup seseorang.

Agar kecemasan tidak terjadi, dan pasien bisa merasa nyaman, maka Medianers berpendapat bahwa kurangnya pasien terhadapnya informasi juga sebagai salah satu pemicunya, baik terkait informasi cara tindakan operasi, maupun tentang kondisi kesehatan setelah operasi.

Adapun tanda-tanda pasien cemas jelang operasi adalah, terlihat gelisah, pucat, tidak fokus, gemetaran, dan sering bertanya-tanya terkait prosedur tindakan.

Rencana keperawatan yang dapat dilakukan Perawat untuk mengurangi kecemasan pasien adalah mengindentifikasi penyebab kecemasan, kemudian membina hubungan saling percaya, dengan meyakinkan,serta menjelaskan pada pasien cara atau prosedur tindakan operasi.

Selanjutnya, mengidentifikasi situasi yang menyebabkan kecemasan.Lalu memberi penjelasan kepada pasien, terkait apa yang ia cemaskan.

Biasanya, kecemasan muncul karena ketidaktahuan pasien terhadap prosedur tindakan, serta takut terhadap resiko. Dan Perawat memiliki peran untuk mengatasi hal tersebut, melalui rencana Asuhan Keperawatan di kamar operasi.(*)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan