Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Bencana Kabut Asap

Makanan-sehat-saat-bencana-kabut-asap
Buah Segar/ Ilustrasi.
Photo: iStock
Udara Pulau Sumatera sangat mengkhawatirkan akibat kabut asap, kebakaran hutan Riau, Jambi dan Palembang.
Di Kota Pekan baru sendiri sejak beberapa hari belakangan berstatus berbahaya. Asap yang bertebangan di udara dinyatakan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Setiap hari, sejak kebakaran hutan, orang-orang di sekitar Riau, Jambi dan Palembang terpapar dengan polusi udara, bisa saja udara tersebut menjadi racun dalam tubuh yang dapat merusak organ tubuh, seperti paru-paru, hati dan ginjal.

Baru-baru ini diberitakan di salah satu stasiun TV Nasional, bahwa anak usia 12 tahun meninggal di Pekan Baru, Riau . Ia mengalami gangguan pernafasan. Dan, meninggal di Rumah sakit, dicurigai gangguan pernafasan yang ia derita karena terpapar asap akibat kebakaran hutan.
Baca Juga : Asap Sumatera Lebih Kejam Dari Pada Asap Rokok
Salah seorang sahabat medianers pernah bertanya, " Selama bencana kabut asap ini, apa sebaiknya yang harus saya konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh? " Berdasarkan berbagai sumber, dapat medianers kabarkan Tips Meningkatkan daya tahan tubuh saat bencana kabut asap, diantaranya:

1. Tingkatkan konsumsi Sayuran bergizi selama bencana kabut asap

Mengkonsumsi sayur-sayuran, seperti brokoli, kubis, kol, sawi, dan lobak. Sayuran tersebut termasuk jenis makanan antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Apa lagi di saat sel-sel tubuh dirusak oleh polusi udara. Maka sebaiknya perbanyak konsumsi sayur-sayuran, brokoli, kubis,kol, sawi, dan lobak.

Sayuran hijau, seperti bayam juga banyak mengandung zat antioksidan, termasuk sayur-sayuran berwarna, seperti wortel, terong, tomat, dan ubi jalar. Kaya akan antioksidan, dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Tingkatkan konsumsi Buah-buahan selama bencana kabut asap

Buah-buahan sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti buah Alpukat,  baik dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Buah Apel sangat baik untuk detoksifikasi racun dalam tubuh, dan apel juga makanan yang mengandung antioksidan.

Pepaya dan jambu biji juga terbilang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jambu biji dikenal mengandung vitamin C yang tinggi, merupakan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Sedangkan pepaya mengandung enzim papain melancarkan pencernaan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Baik sayur-sayuran dan buah-buahan yang medianers sampaikan, semuanya mudah di dapat. Produk lokal pun banyak. Tinggal kemauan anda untuk mengkonsumsi, sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh dalam situasi bencana kabut asap.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, pembaca juga diharap melakukan pencegahan, seperti yang pernah medianers publikasikan "  Tips Hidup Sehat Selama Bencana Kabut Asap "dan yang terpenting selalu menjaga kesehatan dan tetap bergaya hidup sehat, meskipun dalam keadaan sehat atau sakit, tetap mengkonsumsi makanan sehat.