Tips Hidup Sehat Selama Bencana Kabut Asap

Bencana-kabut-asap
Himbauan Pemko
Payakumbuh.
Dok: Jentra Elba
Pemerintah Kota Payakumbuh mengeluarkan surat himbauan (8/9) tentang "kewaspadaan kabut asap" agar warga Payakumbuh terhindar dari penyakit ISPA ( lnfeksi Saluran Pernafasan Akut, dan penyakit pernafasan berbahaya lainnya akibat dari kabut asap, dampak kebakaran hutan Sumatera.
Baca : Asap Sumatera Lebih Kejam Dari Pada Asap Rokok
Pandangan Medianers, himbauan Pemerintah Kota Payakumbuh melalui surat edaran yang ditujukan pada warga merupakan langkah tepat dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan warga, sebab kabut asap sudah sangat mengkhawatirkan dan berbahaya.

Menjaga Kesehatan sangat penting. Untuk itu, individual yang menentukan kesehatannya mau di bawa kemana? Mau sakit atau mau sehat. Jika mau terhindar dari penyakit akibat kabut asap, maka inilah bentuk himbauan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam menjaga kesehatan selama bencana kabut asap. Diantaranya:
  1. Mengurangi aktifitas di luar rumah guna menghindari dampak kabut asap.
  2. Bila melakukan aktifitas di luar rumah agar menggunakan masker dan kaca mata.
  3. Tidak melakukan pembakaran jerami, sampah dan lain-lain yang dapat menimbulkan kabut asap.
  4. Tetap menjaga kesehatan tubuh dengan beristirahat yang cukup, memperbanyak minum air putih, tidak merokok dan lain-lain.
  5. Segera berobat ke Pustu/ Puskesmas terdekat bila terjadi gangguan kesehatan dan sesak nafas.
  6. Tetap melaksanakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS).
  7. Hidupkan lampu kendaraan bila bepergian dengan kendaraan.
Demikianlah, 7 item himbauan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk melindungi segenap warga Payakumbuh agar terhindar dari penyakit dan tetap hidup sehat selama bencana kabut asap.


Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan