Menjaga Kesehatan Tubuh Itu Sangat Sederhana, Ini Caranya !

Nyaris tiap detik pasien masuk Rumah Sakit dengan keluhan tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, penyakit gula, penyakit ginjal, penyakit hati (hepatitis), dan lain-lain.

Semua penyakit tersebut, bersumber dari gaya hidup yang tidak sehat, seimbang dan teratur. Misal, makan tidak terkontrol dan berat badan berlebih, maka sangat beresiko mengalami penyakit gula ( diabetes mellitus), penyakit jantung dan lain-lain.

Medianers kembali mengingatkan, yang pada dasarnya kita semua sudah tau bahwa, dalam menjaga hidup sehat dan terhindar dari penyakit di atas, cukup lakukan 3 hal, diantaranya:

1. Berolah raga atau latihan fisik secara konsisten dan teratur
Olah-raga-latihan-fisik-secara-teratur
Olah raga rutin dan teratur/ dok: istockphoto
Boleh dikatakan penyakit jantung dan penyakit gula merupakan penyakit orang kaya yang banyak duduk, tidak kekurangan makanan, cendrung penyakit akibat gaya hidup. Meskipun demikian tidak semua orang penyakit jantung atau penyakit gula disebabkan gaya hidup, akan tetapi ada bawaan dari lahir ( gen).

Penyakit gula dan penyakit jantung sangat jarang dialami oleh petani dan pekerja kasar, karena sumber makanan yang masuk dalam tubuhnya selalu termanfaatkan menjadi energi, bahkan tubuh mereka kelihatan berotot, pertanda ia sehat, dan kuat secara fisik.

Untuk itu, Medianers sangat menganjurkan bagi orang/pekerja yang aktifitas sehari-harinya tidak banyak mengeluarkan energi/aktifitas fisik, sebaiknya melakukan olah raga secara teratur dan rutin. Kemudian kontrol berat badan ideal melalui alat ukur Body Mass Index (BMI), cara mengetahui BMI, silahkan googling.

Banyak jenis olah raga yang bisa dilakukan, sesuaikan dengan kondisi dan kesempatan yang bisa anda lakukan. Misal, Jika anda bisa olah raga secara berkelompok, bisa pilihan main futsal atau badminton, minimal 2 kali dalam 1 minggu. Seandainya anda tidak punya teman untuk berolah raga, maka pilihan olah raga bisa dilakukan di tempat Gym/ Fitness/ Pusat Kebugaran dan senam. Dan, paling sederhana, anda bisa olah raga sendiri di rumah, seperti senam, sit up, push up, jogging, dan lari santai, lakukan minimal 4 kali dalam seminggu.

2. Atur menu dan pola makan seimbang
Konsumsi-makanan-sehat-setiap-hari
Konsumsi makanan sehat dan bergizi/ dok: istockphoto
Rajin dan konsisten berolah raga belum tentu menyehatkan, jika tidak di atur dengan makanan seimbang. Pilihan yang baik adalah banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, dan jangan lupa konsumsi banyak protein dan sedikit karbohidrat, serta kurangi konsumsi makanan yang berlemak.

Sedangkan pola makan dapat anda baca di artikel ini Cara mengatur pola makan dan diet setiap hari. Makan yang tidak beraturan juga tidak baik bagi tubuh, apalagi suka ngemil setiap saat dan jajan di sembarang tempat. Anda juga harus disiplin terhadap sumber makanan yang akan dikonsumsi, jangan asal, apa lagi konsumsi junk food.

Gizi seimbang sangat dibutuhkan tubuh, sebagaimana yang pernah diucapkan Nabi Muhammad, kurang lebih kalimatnya seperti ini, " Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang." Tentunya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Sebab makanan yang enak belum tentu menyehatkan, Medianers meyakini anda sudah paham, apa saja makanan yang sehat, namun malas mengkonsumsi karena tidak enak, seperti sayuran misalnya.

3. Usahakan istirahat dan tidur yang cukup
Istirahat-dan-tidur
Istirahat dan tidur yang cukup/ dok:istockphoto
Istirahat dan tidur yang kurang, juga rentan terhadap penyakit, apalagi tidak diimbangi dengan gizi yang bagus, kerja hati bisa terpaksa, dan beresiko terkena penyakit kuning (hepatitis). Untuk itu, setelah anda berolah raga, istirahatlah yang cukup, anjuran kesehatan, istirahat dan tidur 8 jam dalam 1 hari.

Demikian juga saat bekerja, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, jangan biarkan perut anda keroncongan atau hanya mengkonsumsi mie instan. Percayalah, bahaya untuk kesehatan anda. Saat asyik bekerja, jangan lupa imbangi dengan tenaga yang keluar dengan pemasukan energi kalori dan protein.

Jika anda mulai tidak fokus, mata sudah perih, maka istirahatlah sejenak, pertanda tubuh anda sudah meminta istirahat, jangan paksakan.

Terkait istirahat dan tidur ini bagi yang bekerja shift ,anda dapat mengganti istirahat dan tidur pada siang hari, jika anda dinas malam. Yang utama sekali, luangkan waktu anda istirahat 8 jam sehari. Dan pandai-pandailah mengatur waktu.

Sesungguhnya badan yang sehat, terdapat pada orang-orang istirahatnya cukup, pola dan menu makanan bagus, serta olah raga teratur. Ketiga hal ini, akan menunjang prestasi kerja anda, karena badan, jiwa dan raga akan selalu fit dan pikiran akan fokus dalam melaksanakan tugas.(AW)