Faktor Penyebab Multiple Sklerosis

Medianers ~ Ada yang bertanya, apa penyebab Multiple Sklerosis (MS)? Sebelumnya medianers telah memposting tentang Apa itu Multiple Sklerosis ? Bagi yang belum tau silahkan dibaca dulu.
Faktor-penyebab-multiple-sklerosis
Multiple Sklerosis
Baik ! Langsung saja kita bahas, penyebab pasti penyakit Multiple sklerosis tidak diketahui. Namun, berdasarkan berbagai sumber yang medianers himpun, para ilmuwan percaya bahwa empat faktor di bawah ini memiliki peran sebagai penyebab Multiple Sklerosis, diantaranya:

1. Faktor  Imunologi 

Multiple Sklerosis dianggap sebagai penyakit gangguan kekebalan demielinasi tubuh. Artinya, malfungsi sistem kekebalan tubuh yang menyerang Susunan Syaraf Pusat (SSP). Para peneliti mengetahui bahwa selubung mielin secara langsung dipengaruhi, tetapi mereka tidak tahu apa yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk menyerang myelin.

Penelitian tentang mana sel-sel kekebalan tubuh yang bertanggung jawab atas serangan itu sedang berlangsung. Para ilmuwan berusaha untuk mengungkap apa yang menyebabkan sel-sel ini untuk menyerang. Mereka juga mencari metode untuk mengontrol atau menghentikan perkembangan penyakit.   

2. Faktor Genetik 

Beberapa gen diyakini berperan sebagai penyebab Multiple Sklerosis. Seseorang beresiko tinggi terkena multiple Sklerosis, jika kerabat dekat, seperti orang tua atau saudara, memiliki riwayat menderita penyakit tersebut. Menurut Multiple Sclerosis Foundation, " jika salah satu orang tua memiliki riwayat Multiple Sklerosis, maka anak-anak mereka beresiko mendapatkan penyakit tersebut. Diperkirakan antara 2 - 5 persen. "

Para ilmuwan percaya bahwa orang-orang dengan MS dilahirkan dengan kerentanan genetik untuk bereaksi terhadap agen lingkungan tertentu. Respon autoimun dipicu ketika mereka menghadapi agen ini.

3. Faktor Lingkungan 

Ahli Epidemiologi telah melihat pola peningkatan kasus Multiple Sklerosis di negara-negara yang terletak paling jauh dari khatulistiwa. Korelasi ini menyebabkan beberapa orang percaya bahwa vitamin D mungkin memiliki peran sebagai faktor penyebab.

Vitamin D manfaat dan fungsinya sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang tinggal di dekat khatulistiwa terkena sinar matahari lebih. Akibatnya, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak vitamin D. Semakin lama kulit Anda terkena sinar matahari, semakin tubuh Anda secara alami menghasilkan vitamin. Sejak MS dianggap sebagai penyakit kekebalan- demielinasi, vitamin D dan paparan sinar matahari dapat dihubungkan sebagai faktor penyebab Multiple Sklerosis 

4. Faktor Infeksi 

Para peneliti sedang mempertimbangkan kemungkinan bahwa virus dan bakteri dapat menyebabkan Multiple Sklerosis. Virus diketahui menyebabkan peradangan dan kerusakan myelin (disebut demielinasi). Oleh karena itu, mungkin virus bisa sebagai pemicu Multiple Sklerosis. Beberapa virus dan bakteri sedang diselidiki untuk menentukan apakah mereka terlibat dalam fakta penyebab MS. Ini termasuk: virus campak , herpes dan virus Epstein-Barr.(AW)