Penyebab Anak Rewel, Gelisah, Sulit Tidur dan Cara Mengatasinya

Medianers ~ Merawat anak gampang-gampang susah. Kadang terasa mudah, kadang terasa sukar, karena anak rewel, tidak bisa tidur, bahkan menangis sepanjang siang atau malam atau tidak bisa lepas dari gendongan ibu. Jika terjadi demikian, tentunya orang tua akan kewalahan, kesulitan menjalankan aktifitas, seperti tidak bisa kerja, tidak bisa memasak, dan lain-lain. 

Bagi anak yang bisa bicara, tentu mudah diketahui apa keinginannya, apa yang membuat ia gelisah menangis,dll, namun bagaimana dengan anak yang belum bisa menyampaikan keinginannya, katakanlah usia 2 tahun ke bawah, tentunya orang tua kebingungan, kenapa anak rewel, gelisah, menangis dan tidak bisa tidur?

Untuk itu, medianers merangkum beberapa hal penyebab anak rewel sulit tidur, gelisah dan suka menangis, tanpa bicara pun sang anak, orang tua akan mudah mengetahuinya, setelah membaca artikel ini, diantaranya adalah:

1. Anak Haus dan Lapar

Bilamana anak merasa haus dan lapar jika tidak diatasi haus dan laparnya, maka anak akan rewel, gelisah dan sulit tidur. Orang tua harus memahami hal ini, kapan terakhir kali anak menyusui atau minum susu botol, dan kapan terakhir anak makan bubur? Jika sudah lebih dari 3 jam berarti anak lapar, inilah penyebab ia gelisah, rewel dan susah tidur. Sebab, makanan bertahan di dalam lambung 3-4 jam.

2. Popok Anak Basah Karena BAK dan BAB

Anak akan rewel, gelisah dan tidak bisa tidur apabila popoknya basah karena pipis (BAK) atau BAB (Buang Air Besar). Orang tua harus sensitif akan hal ini, kejadian ini sering berlangsung di malam hari, saat orang tua tidur pulas, anak menangis, sebaiknya segera periksa popoknya, jika basah segera bersihkan dan ganti dengan popok yang kering.

3. Lingkungan yang tidak nyaman

Anak akan merasa gelisah, rewel dan sulit tidur bilamana adanya suara gaduh, kebisingan, dan juga karena cuaca panas sehingga ia berkeringat, atau karena tempat istirahat berantakan. Sebaiknya, orang tua mengatasi hal demikian, menata kebersihan tempat tidur, menyeka, bahkan memberi lotion atau bedak pada tubuh anak, mengganti pakaian dengan pakaian yang kering sertabmenyerap keringat, dan tentunya menjauhi kebisingan, sehingga anak merasa berada dilingkungan bersih dan nyaman.

4. Anak Mengalami Gangguan Kesehatan

Anak pasti akan rewel, gelisah dan kesulitan tidur apa bila ia mengalami gangguan kesehatan, seperti mengalami flu, batuk, demam dan kembung. Bila anak kembung, bisa di atasi dengan mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut dan punggung anak. Sedangkan flu, batuk dan demamnya sebaiknya periksakan ke dokter atau ke pelayanan kesehatan, agar flu, batuk dan demamnya teratasi, jika sudah teratasi maka rewel, gelisah dan sulit tidur bakal teratasi pula.
Ilustrasi/ Anak merasa nyaman,
 bisa tertidur dengan mudah
Demikianlah menurut medianers, manakala anak merasa nyaman, tidak haus dan lapar, popoknya kering, bebas dari gangguan kesehatan, maka sang anak akan merasa nyaman, tidak akan gelisah, dan akan mudah tertidur. Orang tua wajib mengetahui penyebab anak rewel, gelisah dan sulit tidur, agar tau cara mengatasinya. Semoga artikel sederhana ini, bermanfaat bagi orang tua yang sedang merawat anak.(AntonWijaya)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan