Beberapa Hal Tentang Penyakit Stroke Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Medianers ~ Penyakit Stroke merupakan salah satu penyebab utama kecacatan bagi orang dewasa. Stroke juga membutuhkan masa pemulihan jangka panjang.

Penyakit Stroke dibedakan menjadi dua, yakni stroke iskemik dan stroke hemorhagik. Stroke iskemik tidak disertai perdarahan, tapi terjadi penyumbatan atau penyempitan aliran darah di otak.

Sedangkan stroke hemorhagik terjadi perdarahan, karena pecahnya pembuluh darah diotak sebagai akibat adanya penyumbatan.

Kata "stroke" menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun yang pernah siap untuk kejadian mendadak yang seringkali bagaikan bencana ini.

Masih banyak yang belum kita ketahui tentang bagaimana otak mengkompensasi kerusakan akibat stroke. Dalam beberapa kasus, sel otak mungkin hanya sementara rusak, tidak terbunuh, dan dapat terus berfungsi sepanjang waktu.

Dalam kasus lain, otak bisa menata ulang fungsinya sendiri. Sesekali, wilayah otak "mengambil alih" daerah yang dirusak oleh stroke. Penderita stroke terkadang mengalami pemulihan yang luar biasa dan tak terduga.
Menurut situs stroke.org ada beberapa hal tentang fakta pemulihan penderita Stroke yang belum banyak diketahui masyarakat, diantaranya: 10 persen penderita stroke hampir sembuh seperti sedia kala, dan 25 persen sembuh dengan gangguan ringan, serta 40 persen  mengalami gangguan sedang sampai berat yang memerlukan perawatan khusus.

Kemudian, situs tersebut menambahkan, 10 persen  penderita stroke memerlukan perawatan di panti jompo atau fasilitas perawatan jangka panjang lainnya dan 15 persen  meninggal tak lama setelah terjadinya stroke.(Editor: AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan