Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Penyakit Hernia Wajib Dioperasi

Medianers ~ Penyakit hernia cukup banyak diderita oleh kaum 'Adam', menurut World Health Organization (WHO), penderita hernia tiap tahunnya meningkat, diperkirakan dari tahun 2005 sampai tahun 2010 penderita hernia segala jenis lebih dari 19 juta orang.

Penyakit hernia ini juga termasuk kasus bedah yang paling sering ditolong di kamar operasi, terutama jenis hernia inguinalis.

Hernia inguinalis adalah kondisi dimana terjadi kelemahan otot dinding perut, sehingga tidak mampu membendung sebagaian jaringan lemak dalam perut atau usus saat terjadinya tekanan atau dorongan.

Akhirnya usus bisa menyembur keluar dari rongga perut, lalu masuk ke selangkangan melalui sebuah kanal/ saluran kecil. Bahkan, usus bisa masuk ke skrotum, yaitu sebuah kantong kecil yang diapit oleh paha.

Kanal atau saluran dimaksud, bernama kanalis inguinalis. Saat balita, kanalis inguinalis tersebut merupakan jalan atau saluran tempat lewat testis (buah-buahan yang tidak bisa dimakan).Ketika balita lelaki beranjak besar, maka kanalis inguinalis akan menutup sendiri.

Namun, suatu waktu kanalis inguinalis bisa kembali terbuka, apabila terjadi kelemahan otot disekitarnya, dipicu pula oleh sering mengangkat beban berat, sering mengedan, dan lain-lain, yang akhirnya usus dan jaringan dalam rongga perut melewati saluran tersebut dan masuk ke skrotum.

Penderita yang mengalami mengalami hernia inguinalis, sebetulnya bisa secara mandiri menekan usus agar kembali masuk ke rongga perut, dengan cara tidur telentang, dan kepala lebih rendah dari kaki, lalu menekan bagian skrotum yang membengkak hingga usus beserta jaringan lemak kembali ke atas, masuk kedalam rongga perut.

Tentunya, situasi tersebut sangat menganggu, jika sering terjadi dan bisa berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut, sebab usus berpotensi terjepit di mulut kanal (cincin), yang akhirnya mengakibatkan obstruksi, yang mana saluran usus terhambat, angin pun tak lewat. Bahkan, bisa membuat sebagian jaringan usus 'mati' karena tidak dialiri darah. Maka dari itu, penyakit hernia inguinalis wajib dioperasi, agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih luas.(AW)