Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Medianers ~ Ketika Anda telah berhasil merawat bayi pada bulan pertama, dan selanjutnya di bulan kedua, Anda mulai memahami kepribadian bayi. Anda juga akan mempelajari perkembangan motorik dan pola tidur bayi di bulan kedua.

Baik tentang apa yang disukai dan tidak sukai bayi, hingga pemicu bayi menjadi menangis. Dan bagaimana bayi mengungkapkan rasa lapar, dan kantuk. Sebagaimana dikutip dari laman WebMD, menjelaskan beberapa perkembangan bayi usia 2 bulan, diantaranya:

Perkembangan Motorik Bayi Usia 2 Bulan Meningkat

Bayi berusia dua bulan mendapatkan lebih banyak kendali atas tubuhnya. Itu berarti mereka dapat menahan kepala mereka sedikit lebih mantap saat telungkup.

Dan, pada bulan kedua, perkembangan refleks mengisap bayi kian kuat. Anda mungkin melihat bayi Anda suka mengisap kepalan tangan atau beberapa jari. Ini adalah salah satu cara terbaik yang dimiliki bayi untuk menenangkan diri.

Pada usia 2 bulan, bayi Anda belum memiliki koordinasi untuk bermain dengan mainan. Tapi dia mungkin tertarik dengan benda berwarna-warni yang tergantung di depannya. Bayi Anda bahkan dapat memegang sebentar mainan yang Anda tempatkan di salah satu tangannya.

Pola Tidur Bayi di Bulan Kedua

Dibulan kedua, perkembangan pola tidur bayi berevolusi, dan belum sepenuhnya mapan. Pada usia 2 bulan, bayi tidur 15 hingga 16 jam sehari. Dan bayi, biasanya tidak siap untuk tidur sepanjang malam. Terutama pada bayi yang diberi ASI, atau bangun untuk makan setiap tiga jam atau lebih.

Demikianlah perkembangan bayi usia 2 bulan, atau perkembangan bayi di bulan kedua yang medianers himpun dari WebMD. Terkait perkembangan ini, tidak akan sama terhadap semua bayi, karena dilatar belakangi riwayat kelahiran, dan kesehatan bayi.

Untuk itu, penjelasan lengkap dan akurat sebaiknya konsultasikan kepada dokter anak Anda, terkait tumbuh kembang di pelayanan kesehatan terdekat, atau kepada Perawat, Bidan dan petugas kesehatan di rumah sakit.( Editor : Anton Wijaya/ Ilustrasi: pixabay.com)

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 3 bulan