Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan

Medianers ~ Alangkah bahagianya seorang suami ketika mendapatkan kabar bahwa anak pertama lahir sehat dan istri selamat. Apalagi proses kelahiran berjalan lancar secara normal. Barangkali hari itu, adalah momen paling berbahagia dalam hidupnya.

Setelah kelahiran sang bayi yang diidam-idamkan, dengan segala keterbatasan kedua orang tua akan kembali belajar dan bertanya - tanya, karena memiliki bayi adalah pengalaman perdana. Muncul pertanyaan, "bagaimana cara merawat bayi usia 1 bulan atau dibulan pertama?"


Berbagai referensi tentunya dicari dengan serius, baik dari nenek si bayi yang telah berpengalaman, maupun dari bidan, perawat atau dokter atau dari teman, bisa juga dari buku bacaan, dan tak ketinggalan hasil browsing secara online.

Pastinya, kehidupan bayi di bulan pertama sangat mengharukan dan sangat menyenangkan bagi kedua orang tua, maupun bagi kerabat lainnya. Kemungkinan bayi tiap sebentar akan dijenguk.



Kembali kepada pertanyaan di atas, sesungguhnya bagaimana cara merawat bayi dibulan pertama? Adapun menurut Dan Brennan, MD dalam tulisannya yang dilansir WebMD, bahwa Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan sebagai berikut:


1. Kontak Kulit dengan Bayi


Pada bulan pertama, bayi suka disentuh. Maka orang tua bisa memberikan kontak kulit kepada bayi, misalnya dengan memegang dan mengayun, atau memberinya pijatan lembut. Itu akan membuat bayi Anda merasa terhibur dan merasa dicintai.


2. Melatih Gerakan Bayi


Orang tua juga dapat memberikan gerakkan ringan pada kaki bayi dengan cara gerakan seperti bersepeda selama beberapa menit setiap pagi setelah mandi. Latihan ringan tersebut akan membantu melatih otot-otot bayi untuk merangkak dan berjalan senantiasa.


3. Orientasi Waktu pada Bayi


Selama beberapa minggu pertama, cendrung semua bayi yang baru lahir yang ingin mereka lakukan adalah tidur. Bahkan, bayi yang baru lahir tidur 15 hingga 16 jam sehari. Jam-jam itu mungkin tidak menentu, karena bayi belum disesuaikan dengan siklus siang dan malam yang normal.

Anda dapat membantu bayi menyesuaikan diri dengan membatasi aktivitas di siang hari, dan menjaga semuanya tetap tenang, gelap, dan membosankan di malam hari. Sehingga bayi akan mendapatkan petunjuk, bahwa siang hari itu untuk bermain dan malam adalah untuk tidur.


Demikianlah beberapa tips merawat bayi usia di bulan pertama, berdasarkan referensi dari berbagai sumber yang medianers sarikan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan bidan, perawat dan dokter di pelayanan kesehatan terdekat untuk penjelasan lebih lengkap.(Editor: Anton Wijaya )

Baca juga : Tumbuh Kembang Anak : Berat Badan dan Panjang Badan Usia 0-3 Bulan