Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umur Berapa Bayi Boleh Diberikan Makanan Padat ?

Medianers ~ Masa pertumbuhan dan perkembangan bayi mungkin menjadi perhatian orang tua. Bahkan, Anda akan bertanya diusia berapa sebaiknya bayi diberikan makanan padat?

Mungkin Anda merasa sulit untuk percaya bahwa bayi berusia enam bulan, sudah mulai belajar cara berkomunikasi dan siap untuk diberi jenis makan-makanan padat.

Sebab, pada usia enam bulan, pertumbuhan bayi akan melambat. Kenaikan tingi badan juga akan melambat setiap bulan berikutnya. Namun, ketrampilan motorik bayi Anda mulai meningkat, seperti mulai duduk tanpa bantuan.Sehingga membutuhkan energi yang cukup untuk aktifitasnya.

Jika Anda belum memulai memberikan makanan padat pada bayi pada usia 6 bulan, maka ada juga baiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter spesialis anak atau dengan ahli gizi, tentang makanan yang cocok untuk bayi umur 6 bulan.

Baca juga : Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan

Menurut sebuah artikel di WebMD direview oleh Roy Benaroch, MD, " bayi berusia 6 bulan sebaiknya diberi makanan padat seperti sereal yang kaya zat besi. Pemberian makanan padat juga bisa digabung dengan ASI atau susu formula."

Saat bayi Anda menyesuaikan diri dengan makanan padat, maka usaha selanjutnya perkenalkan buah dan sayuran. Jika bayi Anda tampaknya tidak menyukai makanan baru, tunggulah beberapa hari dan kemudian coba lagi. Bayi adalah makhluk yang berubah-ubah dan selera mereka dapat berubah dari satu hari ke hari berikutnya.

Perkenalkan makanan satu per satu untuk dapat memantau reaksi alergi, seperti ruam, diare, atau muntah. Menurut American Academy of Pediatrics, sebagaimana medianers kutip dari WebMD, "tidak ada bukti bahwa memperkenalkan makanan seperti telur dan ikan setelah usia 4-6 bulan meningkatkan risiko alergi makanan."(Editor : Anton Wijaya )