7 Rangkaian Kegiatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2018

Medianers ~ Ada 7 Rangkaian kegiatan yang digelar Kementerian Kesehatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018 berlangsung pada Minggu ke 4 bulan Oktober 2018 dan berakhir pada tanggal 12 November 2018.

Rangkaian kegiatan HKN 2018, medianers himpun dari buku, Panduan Hari Kesehatan Nasional ke-54, yang diunduh di litbang.kemkes.go.id

Adapun rencana rangkaian kegiatan HKN ke 54 yakni mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat.

Dan, 7 rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 yang dimaksud, diantaranya sebagai berikut :

Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Yaitu kegiatan melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini penyakit Tidak Menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bersih-bersih di tempat umum dan senam bersama.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa menginspirasi masyarakat semakin sadar untuk hidup berperilaku bersih dan sehat (PHBS) dan senantiasa melaksanakan Germas.

Kegiatan Ilmiah

Yaitu kegiatan Kemenkes menggelar seminar sehari, disertasi Expo, pemilihan peneliti berprestasi dilingkungan Kementerian Kesehatan dan launching hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 serta Seminar Forum Bisnis dan Hak Asasi Manusia.

Perlombaan dan Olahraga

Terdiri dari kegiatan eksternal dan internal Kementerian Kesehatan. Kegiatan eksternal antara lain lomba kantin sehat, lomba ruang pojok ASI, poliklinik sehat dan green hospital yang melibatkan K/L lain.

Kegiatan internal menyajikan perlombaan di bidang olah raga dan pengelolaan arsip (Arsiparis) di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Kegiatan Pameran HKN ke 54

Pameran pembangunan kesehatan tahun ini akan dilaksanakan di ICE-BSD, Serpong, Banten, merupakan pameran yang melibatkan lintas sektor, dunia usaha dan organisasi masyarakat, yang saling bertukar informasi tentang pencapaian yang telah mereka raih dalam membangun kesehatan.

Publikasi dan Penghargaan

Kegiatan publikasi menampilkan berbagai kompetisi berupa kompetisi foto kesehatan, jurnalistik,pustakawan berprestasi, warta kesehatan, e-Aspirasi dan talkshow.

Pemberian penghargaan sebagai wujud apresiasi pada pihak yang telah berjasa dan berprestasi dibidangnya, diberikan saat gelar pameran pembangunan kesehatan dan saat upacara.

Menkes Award salah satu penghargaan bagi insan individu dan institusi yang telah berjasa dalam melakukan upaya kesehatan.

Upacara dan Tabur Bunga

Mengenang jasa pahlawan terutama mereka yang berjasa di bidang kesehatan, merupakan salah satu rangkaian kegiatan HKN ke-54. Upacara yang dirangkai dengan tabur bunga di taman makam pahlawan akan meningkatkan semangat jiwa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Acara Puncak HKN 2018

Memeriahkan 54 tahun HKN, akan diisi dengan kegiatan car free day, makan sehat isi piringku, festival kuliner, family gathering, dan senam bersama. Kegiatan direncanakan dilakukan di Gelora Bung Karno (GBK), mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bersama memeriahkan HKN ke-54.

Jadwal Kegiatan HKN ke 54 Tahun 2018

Demikianlah 7 Rangkaian Kegiatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2018, yang digelar oleh Kementerian Kesehatan yang dihimpun dari buku Panduan Hari Kesehatan Nasional ke-54.(AW)

Terkait : Tujuan Hari Kesehatan Nasional 2018 Diperingati
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan