Tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2018

Medianers ~ Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November, baik ditingkat pusat maupun daerah. Tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 hampir sama dengan tema HKN 2011, yaitu “Aku Cinta Sehat”, sedangkan pada tahun 2011 lalu adalah, "Indonesia Cinta Sehat." Sedangkan subtema HKN 2018 adalah,“Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

"Ayo hidup sehat, mulai dari kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan. “Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di negeri ini," kata dr. Siswanto, MHP., DTM. selaku kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang saat ini sebagai Ketua Umum HKN Ke 54 tahun 2018.

"Peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," tambah Siswanto.

"Tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,"ungkap menteri kesehatan, Prof. Dr.dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) dalam sebuah kata sambutan yang diterbitkan dalam buku panduan HKN ke 54.

Ia menambahkan," Saya menghimbau masyarakat agar membiaskan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)."

"Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah. Saya mengharapkan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah pusat dan daerah,"ulasnya dalam sebuah rilis berupa file pdf.(Anton Wijaya)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan