Manfaat Vitamin C bagi tubuh

Vitamin C disebut asam askorbat, merupakan bahan alami yang populer digunakan dalam kosmetik perawatan kulit. Ada dua mekanisme yang dapat mempengaruhi kulit.


Pertama, vitamin C merupakan komponen penting untuk sintesis kolagen. Tanpa vitamin C yang memadai, kolagen dalam kulit akan menjadi rusak. Hal ini terlihat pada pasien yang secara klinis kekurangan vitamin C.

Kedua, vitamin C merupakan antioksidan kuat, hal ini membantu untuk mencegah kerusakan kulit dan keriput dengan menyerap radikal bebas berbahaya.

Vitamin C dapat memperbaiki dan mencegah kerusakan sel, menyembuhkan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat gigi dan gusi sehat.

Studi telah menunjukkan Vitamin C dikenal untuk efek positif pada kekebalan, pencegahan dan pengobatan pilek dan flu. Vitamin C mencapai semua area dalam tubuh pada tingkat sel.

Kita bisa mendapatkan vitamin C alami dalam buah-buahan dan sayuran segar seperti, jus jeruk, stroberi, brokoli, bayam, kubis, kembang kol, wortel, dan banyak lagi. Kita juga bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen, jika diet harian anda tidak memiliki sayuran segar dan buah-buahan.

Jumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh ditentukan oleh usia, gaya hidup, jenis kelamin, dan berat badan. Hal ini juga tergantung pada beberapa faktor lain dan kondisi kesehatan.

Konsultasikan dengan ahli gizi tentang diet Anda agar bisa diketahui apakah tubuh Anda mendapatkan proporsi yang cukup vitamin. Jika tidak, Anda harus mulai mengambil suplemen vitamin

Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa tubuh menyerap vitamin C melalui usus dan bergerak melalui aliran darah ke dalam sel, dan dibuang melalui ginjal, dapat mencapai titik jenuh. Jadi yang terbaik adalah mengambil beberapa dosis sepanjang hari dan tidak satu dosis besar sekaligus. Kelebihan konsumsi vitamin C dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal, aneamia, dan diare. Maka itu sebelum menggunakan suplemen vitamin C konsultasikan dulu dengan ahlinya.