Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 5 Jenis Tenaga Kesehatan Paling Banyak Mengajukan STR Online 2019

Medianers ~ Sebanyak 5 jenis tenaga kesehatan paling banyak mengajukan STR (Surat Tanda Registrasi) secara online priode 1 Januari sampai 25 September 2019. Pendaftar terbanyak didominasi oleh profesi Perawat, Bidan, Ahli Kesehatan Masyarakat, Ahli Teknologi Laboratorium Klinik, dan Ahli Gizi. Data dihimpun dari data grafis Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI), Rabu (25/9/2019).

Dengan rincian, posisi teratas adalah profesi Perawat, total pengajuan 56.146. Perawat yang telah mengajukan STR secara online tersebut, sebanyak 46.745 STR sudah dikirim dan diterbitkan oleh KTKI. Sedangkan sebanyak 1.005 berkas pengajuan STR ditolak. Dan, 4.245 dalam proses validasi, serta 416 menunggu validasi.

Disusul profesi Bidan, berada diurutan kedua. Total pengajuan sebanyak 39.875. Di posisi ke-3 yang mengajukan pendaftaran STR secara online adalah Ahli Kesehatan Masyarakat, sebanyak 3.867. Dan, posisi ke-4 diduduki oleh Ahli Teknologi Laboratorium Medik, total pengajuan 3.337. Disusul oleh Ahli Gizi, di posisi ke-5. Jumlah total pengajuan 2.063.

Data yang dipublikasikan KTKI, tidak dijelaskan apakah pendaftar STR online sudah bekerja (re-registrasi), atau belum bekerja (pendaftar baru). Namun, dapat disimpulkan bahwa, lulusan tenaga kesehatan paling banyak ingin mendapatkan STR dari jumlah total 27 jenis tenaga kesehatan adalah seperti diuraikan di atas. STR merupakan dokumen wajib dimiliki tenaga kesehatan untuk mendapatkan pekerjaan di Institusi pelayanan kesehatan.(Anton Wijaya)

Baca juga : Cara Registrasi STR Online Terbaru, Versi 2.0 KTKI