Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengobatan Gonore ( Kencing bernanah)


Gonore ( Kencing bernanah) adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrheoae. Gonore mempengaruhi baik pria maupun wanita dan dapat menginfeksi leher rahim, uretra, rektum, anus dan tenggorokan. 


Gonore (Kencing bernanah)  adalah salah satu penyakit menular seksual paling umum. Dan, global gonore statistik menunjukkan bahwa diperkirakan 62 juta kasus gonore terjadi setiap tahun, yang menderita lebih banyak perempuan dari pada laki-laki. 

Gonore mudah disembuhkan namun jika tidak ditangani dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit radang panggul , yang dapat menyebabkan sakit perut dan kehamilan ektopik pada wanita, gonore juga dapat menyebabkan kemandulan, meningitis dan septicaemia.

Gejala Gonore ( Kencing bernanah)

Gejala infeksi gonore dapat muncul 1-14 hari setelah terpapar, meskipun ada kemungkinan untuk terinfeksi dan tidak memiliki gejala. Pria jauh lebih mungkin untuk melihat tanda dan gejala infeksi karena mereka lebih jelas. Diperkirakan bahwa hampir setengah dari perempuan yang terinfeksi dengan pengalaman gonore tanpa gejala, atau memiliki gejala non-spesifik seperti infeksi kandung kemih.

Gejala Gonore dapat mencakup:

Gonore pada Perempuan : Suatu perubahan dalam cairan vagina, berubah menjadi warna kuning atau kehijauan, dan mengeluarkan bau yang kuat. Sebuah sensasi terbakar atau nyeri sementara lewat air seni. Iritasi dan / atau keluarnya cairan dari anus.

Gonore pada Pria : Cairan putih atau kuning keluar dari penis ( Kencing bernanah). Sebuah sensasi terbakar atau nyeri sementara lewat air seni. Iritasi dan / atau keluarnya cairan dari anus.

Bagaimana cara penularan Gonore?

Gonore ditularkan melalui penetrasi seks , termasuk: seks vaginal, anal seks, dan oral seks.  Seks oral dapat menularkan penyakit gonore dari alat kelamin ke tenggorokan orang yang memberikan stimulasi, atau bisa lewat infeksi dari tenggorokan ke alat kelamin dari orang yang menerima rangsangan.

Juga dapat ditularkan melalui, orang yang menggunakan mulut dan lidah untuk menjilat atau mengisap anus orang lain. Seseorang menempatkan jari ke dalam vagina, anus atau mulut orang yang terinfeksi gonore, kemudian menyentuh mulut mereka sendiri, alat kelamin atau anus tanpa mencuci tangan mereka.

Apa yang harus dilakukan jika terinfeksi Gonore/ Kencing bernanah?

Jika Anda memiliki gejala atau khawatir, bahwa anda mungkin telah terinfeksi dengan gonore, maka anda harus mendiskusikan kekhawatiran  tersebut dengan Dokter/ Perawat.  Mereka mungkin dapat menjalankan tes atau menawarkan pengobatan sendiri, atau  akan merujuk Anda ke seseorang yang bisa/ lebih ahli.

Pemeriksaan Gonore

Untuk  pemeriksaan daerah genital akan dilakukan oleh dokter atau perawat dan akan diambil sampel, dengan menggunakan kapas swab atau spons, dari daerah yang terinfeksi - leher rahim, uretra, anus atau tenggorokan. Perempuan juga akan diberikan pemeriksaan panggul internal mirip dengan tes Pap.

Tak satu pun dari tes ini menyakitkan, tapi  dapat menyebabkan ketidaknyamanan kecil. Jika seseorang telah melakukan seks anal, penting mereka memberitahu dokter sehingga swab dapat diambil dari rektum. Mereka juga harus memberitahu dokter jika mereka memiliki seks oral sehingga swab dapat diambil dari tenggorokan.

Diagnosis Gonore dan pengobatan

Sampel yang diambil selama pemeriksaan akan dikirim ke laboratorium untuk diuji bakteri Neisseria gonorrheae dan biasanya akan siap dalam waktu seminggu. Hal ini dapat bervariasi, tergantung dimana anda berobat. Beberapa klinik kesehatan seksual memiliki layanan pengujian cepat untuk memberikan hasil segera. Dalam klinik ini dokter akan memeriksa sampel untuk bakteri gonore di bawah mikroskop untuk mengkonfirmasi infeksi langsung.

Pengobatan mudah dan penting. Pasien akan diberikan antibiotik dalam bentuk tablet, cair atau suntikan

Jika pasien alergi terhadap antibiotik, atau jika ada kemungkinan bahwa mereka mungkin hamil, sangat penting bahwa dokter diinformasikan karena hal ini dapat mempengaruhi pilihan pengobatan. Setelah pengobatan dimulai, penting untuk menyelesaikannya, bahkan jika gejala berkurang, untuk memastikan infeksi sudah disembuhkan.

Dokter atau penasihat kesehatan akan membahas infeksi gonore dan menjawab pertanyaan. Mereka juga ingin tahu tentang pasangan pasien yang pernah kontak seksual , karena juga akan berisiko tertular dan harus diuji/periksa.

Tindak Lanjut Gonore

Setelah pasien telah menyelesaikan pengobatan untuk gonore, penderita harus kembali ke poliklinik atau dokter  untuk check-up memastikan therapi berikutnya.

Beberapa jenis gonore yang resisten terhadap antibiotik tertentu. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan untuk memastikan infeksi telah dibersihkan. Jika belum maka berbeda, biasanya lebih kuat, antibiotik akan diresepkan.

Komplikasi Gonore

Perempuan: Gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul , radang saluran tuba,kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim) atau kelahiran prematur. Jika seorang wanita hamil dan memiliki gonore saat melahirkan, infeksi dapat ditularkan kepada anaknya. Bayi bisa lahir dengan infeksi mata gonoccocal, yang harus diobati dengan antibiotik karena dapat menyebabkan kebutaan. Lebih baik bagi wanita untuk mendapatkan perawatan sebelum melahirkan.

Pria: Gonore dapat menyebabkan peradangan menyakitkan pada testis dan kelenjar prostat, berpotensi menyebabkan epididymitus, yang dapat menyebabkan infertilitas. Tanpa pengobatan, penyempitan uretra atau abses dapat berkembang . Hal ini menyebabkan rasa sakit dan bermasalah saat kencing.
Setelah gonore telah berhasil diobati tidak akan kembali kecuali  terinfeksi kembali.

Pencegahan Gonore

Menggunakan lateks kondom secara konsisten dan benar selama berhubungan seks dapat mengurangi kemungkinan tertular gonore.