Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudahkah Perawat Menjalankan Perannya?

pekerjaan-tanggung-jawab-perawat
Banyak hal yang bisa  dilakukan Perawat di Pelayanan kesehatan dalam rangka penyembuhan pasien (klien). Fokus utama Perawat adalah memberikan pelayanan Asuhan Keperawatan, bukan memberi pengobatan. Muara dari Asuhan Keperawatan adalah bagaimana Perawat memberi perhatian penuh pada klien.

Perhatian yang bagaimana? Yaitu, perhatian yang menyeluruh, sesuai peran perawat sebagai advokat, yakni keluhan klien mampu didengar oleh Perawat. Klien juga ingin di atasi keluhannya dan klien juga ingin ada solusi yang jelas dalam setiap masalahnya. Pertanyaannya sudahkah Perawat hari ini menjalankan peran sebagai pemberi advokasi?

Selain sebagai advokat, Perawat juga berperan sebagai edukator, yakni memberikan pendidikan kesehatan kepada klien. Menjelaskan hal-hal yang tidak diketahui klien tentang diagnosa penyakitnya, juga tentang perjalanan penyakitnya serta penjelasan tindakan yang akan dilakukan kepadanya. Banyak hal-hal umum dan khusus yang ingin diketahui pasien terkait kesehatannya. Pertanyaanya, sudahkah Perawat hari ini Menjalankan Perannya sebagai edukator?

Kenyataan dilapangan Peran Perawat sebagai advokat dan educator sering terlupakan, Perawat hari ini cendrung melakukan tindakan pengobatan, bagian dari tindakan kolaborasi. Dan kadang-kadang Perawat disibukan dengan urusan administrasi.

Peran Perawat sebagai advokat dan edukator kadang tidak maksimal, jika diamati dari rasio antara klien dan Perawat di bangsal Perawatan Rumah Sakit. Untuk satu shift dinas, biasanya maksimal Perawat pelaksana 3 orang dan shift sore atau malam bisa-bisa hanya 2 orang Perawat, sedangkan klien yang akan dirawat 20-40 orang di bangsal. 

Jika 20-40 orang klien di berikan Asuhan Keperawatan oleh 2 orang Perawat dalam waktu 1 shift dinas, rasanya Perawat kesulitan menjalankan perannya sebagai advokat atau edukator, karena waktu 8 jam satu shift dinas tidak cukup untuk itu. Yah, akhirnya, Perawat menjalankan rencana keperawatan sesuai prioritas saja, yang mendesak saat itu.

Kira-kira demikianlah pandangan Medianers, tentang " Sudahkah Perawat Menjalankan Perannya? " Seperti biasa jika menarik, silahkan dibagikan melalui tombol share di bawah, dan kalau ada yang kurang tepat atau perlu di tambahkan sampaikan di kotak komentar. Oh ya, jangan lupa baca 8 Alasan Menjadi Perawat.