10 Cara Menjadi Perawat Hebat

Medianers ~ Menjadi Perawat hebat itu sangat penting, demi terciptanya pelayanan yang baik kepada pasien dan masyarakat. Medianers akan menyajikan 10 cara menjadi Perawat hebat yang perlu diaplikasikan oleh Perawat dipelayanan kesehatan, cara yang dimaksud sebagai berikut:

1.Memiliki Skill dalam Berkomunikasi

Komunikasi terlihat mudah dan gampang, namun jika tidak memiliki skill, maka berpotensi sebagai penyebab masalah, dan tujuan komunikasi tidak tercapai.

Untuk itu, Perawat hebat wajib menerapkan komunikasi efektif dan di keperawatan dikenal dengan komunikasi terapeutik.

2.Kendalikan Emosional

Perawat hebat mampu mengendalikan emosional, sebab Perawat terpapar dengan pekerjaan stress tingkat tinggi. Perawat juga harus mampu menguasai diri ketika menyaksikan penderitaan dan kematian.

3.Memiliki Rasa Empati

Perawat hebat ketika menghadapi pasien dan keluarga dengan dengan berjuta keluhan tentunya wajib memberikan solusi yang menenangkan.

Misal, pasien mengeluhkan rasa nyeri atau mengeluhkan penderitaan yang sedang dialami, hendaknya Perawat mampu memberikan rasa nyaman sesuai tindakan dalam Asuhan Keperawatan.

4.Siap Bekerja Kapan Saja

Perawat hebat, memiliki kemampuan penerimaan fleksibel terhadap shift kerja. Libur tidak harus hari minggu, dan jadwal shift tidak harus pagi hingga siang. Tapi, siap menerima jadwal pagi, siang atau shift malam.

Mensiasati jadwal dinas, Perawat hebat tentunya tiap bulan merencanakan serta dapat mengatur antara waktu untuk keluarga dan waktu untuk kerja, serta menyesuaikan kapan harus berlibur.

5.Teliti dan Rinci

Perawat hebat, pastinya wajib memiliki ketelitian dan rinci dalam melakukan Asuhan Keperawatan, serta bertanggungjawab terhadap kesalahan sekecil apapun, karena bisa beresiko pada keselamatan pasien.

6.Siap Bekerja dalam Tim

Perawat hebat, memiliki jiwa berkolaborasi. Sebagai tim kerja dengan profesi lain dalam berbagai situasi, dan mampu memahami tugas pokok dan fungsi dalam tim, serta mampu mengenal karakter orang yang berbeda dalam tim, agar bisa saling memahami dan menghargai.

7.Memiliki Stamina dan Kuat

Perawat hebat tentunya tidak boleh loyo, apalagi Perawat yang dinas malam, karena shift dinas hampir 12 jam, untuk itu Perawat wajib memiliki stamina yang kuat.

Serta memiliki ketahanan fisik, berenergi tidak cepat lelah sehingga mampu menjalani shift kerja dengan baik kepada pasien dan masyarakat.

8.Responsif dan Solutif

Perawat hebat, perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan cepat (responsif), serta dapat mengambil keputusan dengan tepat dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi pasien (solutif).

Kemudian, Perawat hebat idealnya mampu berpikir cepat mengembalikan situasi bila terjadi gesekan dengan pasien dan keluarga, atau dengan tim kerja, seperti dokter, atau sesama Perawat, atau dengan tenaga kesehatan lainnya.

9.Siaga dan Fokus

Perawat hebat tidak lepas dari situasi panik, dan kasus emergency. Untuk itu Perawat hebat dituntut cepat, bertindak manakala adanya kejadian emergency. Dan, tenang, fokus, menghadapi semuanya.

10.Bertindak Sesuai SPO

Perawat hebat tentunya perlu juga memikirkan keselamatan dirinya saat bekerja. Untuk itu, penting memahami dan mematuhi Standar Prosesur Operasional (SPO) dalam melaksanakan tugas.

Kisah, Teori, dan Konsep dari Tokoh Keperawatan

Jadi Perawat hebat merupakan pilihan, berbagai pendapat untuk menjadi Perawat hebat sudah tertuang dalam berbagai teori dan konsep keperawatan, seperti Dorothy E. Jhonson, yang menyoroti prilaku, dan cara bersikap dilingkungan klien (pasien).

Termasuk kisah inspiratif Faye Glenn Abdellah, tentang bagaimana bertindak sigap dan cepat dan memilih berkarir jadi Perawat daripada menjadi Medical Doctor (MD). Sebab dengan gelar Master Ilmu Fisiologi yang Ia dapatkan pada tahun 1947 dan gelar dokter derajat pada tahun 1955, ia bisa memilih jadi dokter saat itu.

"I never wanted to be an M.D. because I could do all I wanted to do in nursing, which is a caring profession."

“saya tidak pernah ingin menjadi MD karena saya bisa melakukan semua yang ingin saya lakukan di keperawatan, yang merupakan profesi yang peduli,” demikian kata Faye Glenn Abdellah sebagaimana diterbitkan encyclopedia.com.

Demikianlah, 10 Cara Menjadi Perawat Hebat berdasarkan pendapat beberapa sumber yang Medianers himpun, serta mengutip pendapat dan kisah beberapa tokoh yang peduli terhadap profesi Perawat, untuk menjadi hebat. (Anton Wijaya/ Berbagai sumber/ Foto : pixabay.com)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan