Inilah Yang Paling Unik dan Menarik Di Kota Balik Papan

Hal paling unik di Kota Balik Papan adalah, Kota Balik Papan bukanlah ibukota Propinsi Kalimantan timur, tapi hanya sebuah Kotamadya yang dipimpin oleh seorang Walikota, dan terletak di Propinsi Kalimantan Timur.

Meskipun berstatus Kotamadya, Kota Balik Papan di untungkan secara geografis, dan ekonomi , karena letak Bandara Internasional Sepinggan berada di jantung Kota Balik Papan. Artinya setiap pengunjung tujuan Kalimantan Timur, akan singgah di Kota Balik Papan. 

Ibukota Propinsi Kalimantan Timur itu bernama Samarinda. Kata supir travel,  jarak antara Bandara Sepinggan dengan Kota Samarinda, menghabiskan waktu 3-4 jam, jika ditempuh dengan mobil.

Masih menurut supir travel, Kota Balik Papan lebih ramai dan bagus di banding ibukota propinsi Samarinda, namun Medianers tidak dapat membuktikan, karena tidak berkesempatan mengunjungi Samarinda.

taman-dalam-bandara-balik-papan-kaltim
Pertama kali Medianers menginjakkan kaki di propinsi yang di kenal dengan semboyan, " Kehidupan yang harmonis, damai sejahtera, aman dan tenteram " itu pada (5/7/2015). Medianers awalnya cukup kaget melihat taman besar yang ada dalam bandara Sepinggan. Tertata apik, bagus, bersih dan besar.

Taman yang ada dalam bandara tersebut, seolah-olah memberitahukan bahwa kalimantan masih asri, sebagai paru-paru dunia. Terlepas dari itu, medianers sangat tertarik, karena juga penyuka taman bunga.

balik-papan-kalimantan-timur

Tidak saja Taman , seakan Kalimantan Timur ingin memberitahukan melalui poster besar yang menempel di dinding ruang chek-in, bahwa pulau Borneo ini adalah tempat yang layak bagi pengunjung yang ingin mengetahui detil tentang orang utan, sayangnya Medianers tidak berkesempatan untuk menyelidiki hal tersebut lebih mendalam.

balik-papan-kaltim

Menurut Medianers , selain Pasar Kebun Sayur , Taman Kota yang ada di pusat Kota Balik Papan, lumayan menarik untuk dikunjungi pada malam hari. Di luar taman, banyak pedagang yang menjajakan makanan, minuman serta cemilan. Pengunjung, dapat bersantai di kursi-kursi taman sambil menikmati cemilan, atau ngobrol santai sama teman, atau sekedar menikmati udara malam.

Kira-kira demikianlah menurut Medianers yang paling unik dan menarik di Kota Balik Papan. Mungkin ada yang lain, melebihi hal diatas, namun luput dari pantauan Medianers, semoga dapat dimaklumi.(AntonWijaya).