Jika Anda Ke Balik Papan, Wajib Singgah di Pasar Kebun Sayur, Ini Alasannya

pasar-kebun-sayur-balik-papan-kalimantan-timur
Tidak jauh dari tempat saya menginap, sekitar 20 menit perjalanan dengan bus pariwisata, saya sampai di lokasi pusat perbelanjaan tradisional batu akik dan kios cindera mata hasil kerajinan tangan pribumi setempat, yaitu dikenal dengan Pasar Kebun Sayur, Balik Papan, Kaltim.

Pasar Kebun Sayur bertolak belakang dengan namanya, jangan kira di sini pedagang akan menyediakan beraneka ragam sayuran segar. Akan tetapi disini terdapat bahan batu akik, ring dan cincin siap pakai. Pernak-pernik perhiasan wanita juga banyak disediakan, seperti bros, gelang, kalung dan pakaian.
ole-ole-cindera-mata-akik-khas-pasar-sayur-balik-papan-kalimantan

"Pengunjung yang datang ke Balik Papan rata-rata mencari batu akik dan cindera mata khas kalimantan ke pasar kebun sayur", Ungkap salah seorang ibu paruh baya yang menjual mainan kunci dan aksesoris lainnya pada penulis.

Di Pasar Sayur juga banyak penjual makanan, dan minuman, seperti es cendol, dll. Sedangkan makanan yang kami coba, lumayan enak, soto khas banjar. Kata Uda Hen, " Enak", selain enak harganya terbilang murah, semangkok soto tambah segelas es teh manis, hanya Lima belas ribu rupiah.

Menurut penulis, pasar sayur wajib dikunjungi oleh pelancong tujuan Balik Papan karena tersedianya beraneka ragam aksesoris tradisional khas kalimantan dan tersedianya pilihan batu akik yang lagi booming di Indonesia.