Ini Cara Kerja Mesin Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

Ginjal sehat (normal) berfungsi membersihkan darah dan mengeluarkan cairan yang tidak dibutuhkan tubuh dalam bentuk urin. Ginjal juga berfungsi menyeimbangkan elektrolit, mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan asam-basa. Ketika terjadi gagal ginjal, pengobatan diperlukan untuk menggantikan beberapa pekerjaan penting ginjal. Pengobatan untuk gagal ginjal adalah hemodialisis (cuci darah) dan transplantasi ginjal.

Apa yang harus dilakukan penderita gagal ginjal?

Pengobatan diperlukan ketika seseorang memiliki penyakit ginjal kronis, atau gagal ginjal. Hemodialisis perlu dilakukan. Hemodialisis adalah proses pembersihan zat-zat sampah dalam darah atau atau zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh dengan menggunakan mesin. 

Bagaimana cara kerja Hemodialisis ( Cuci Darah) ?

Sebuah mesin hemodialisis memiliki filter khusus yang disebut dialyzer, atau ginjal buatan, berfungsi membersihkan darah. Untuk mengalirkan darah ke dialyzer, petugas kesehatan perlu membuat akses, atau pintu masuk, ke dalam pembuluh darah. Hal ini dilakukan dengan operasi kecil, biasanya pada lengan.
Hemodialisis/ Cuci Darah. Sumber gambar : deshgujarat.com
Bagaimana cara dialyzer membersihkan darah?

Dialyzer, atau filter, memiliki dua bagian, satu bagian untuk darah penderita, dan bagian lainnya untuk cairan cuci disebut dialisat. Sebuah membran tipis yang memisahkan kedua belah pihak. Sel darah, protein, dan hal-hal penting lainnya tetap dalam darah, karena mereka terlalu besar untuk melewati membran. Produk limbah yang lebih kecil seperti urea, kreatinin dan cairan ekstra melewati membran dan dibuang. Perubahan dialisat atau pembersihan cairan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan khusus pasien.

Dialyzer berfungsi sebagai ginjal buatan. Berisi ribuan serat berongga kecil, dan darah mengalir melalui serat ini, sementara cairan dialisis mengalir di sekitar arah yang berlawanan. Serat berfungsi sebagai membran semipermeabel, yang berarti beberapa zat dapat melewati itu sementara yang lain tidak bisa.

Dimana Hemodialisis atau Cuci Darah Dapat  dilakukan?

Hemodialisis bisa dilakukan di Rumah Sakit, di unit haemodialisa. Pasien akan di bantu oleh Perawat dan Dokter  ahli di bidang haemodialisis.

Berapa lama cuci darah berlangsung?

Biasanya cuci darah  dilakuakan tiga kali seminggu. Setiap pengobatan berlangsung sekitar empat jam, akan tetapi  mungkin perlu lebih banyak waktu untuk memastikan bahwa limbah dan cairan telah dikeluarkan dengan baik. Tergantung kondisi pasien.

Bisa cuci darah menyembuhkan pasien?

Dalam beberapa kasus mendadak (akut) gagal ginjal, bisa disembuhkan. Hemodialisis hanya diperlukan untuk waktu yang singkat sampai ginjal menjadi lebih baik. Namun, ketika gagal ginjal berlangsung lama dari waktu ke waktu. Ginjal tidak mendapatkan pertolongan yang lebih baik. Maka pasien akan memerlukan dialisis selama sisa hidup mereka,  kecuali penderita dapat pendonor dan akan melakukan transplantasi ginjal.
Terkait : Bisakah Hidup Normal Dengan Satu Ginjal
Sekian yang dapat medianers sampaikan. Jika ada yang belum lengkap, silahkan mencari referensi tambahan. Semoga bermanfaat. 

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan