Ini Nutrisi Bergizi Untuk Ibu Hamil Wajib Anda Ketahui

Medianers ~ Kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat dari sebelumnya, berhubung ada janin butuh suplai makanan. Ibu hamil muda pastinya peduli akan hal itu, serta memikirkan dan mencari tau makanan bergizi yang diperlukan saat hamil ? Serta vitamin apa sebaiknya yang ibu hamil konsumsi? seraya pantangan apa saja yang harus ibu hamil  hindari?
Nutrisi-ibu-hamil
Ilustrasi nutrisi bergizi ibu hamil / istockphoto
Medianers akan menguraikan makanan atau nutrisi bergizi yang wajib ibu hamil konsumsi setiap hari. Makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja, serta mempengaruhi gizi bayi yang ada dalam kandungan. Tips nutrisi bergizi bagi ibu hamil yang medianers maksud , seperti berikut ini.

Makanan bergizi yang diperlukan saat hamil ?

Ibu hamil muda pada trimester 2 dan trimester 3 membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari. Selama trimester 2 dan 3 janin berkembang cepat, jadi ibu hamil membutuhkan banyak energi dan protein.

Makanan atau nutrisi yang banyak mengandung protein bisa di dapatkan pada dada ayam dan putih telur. Selain protein hewani, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi makanan dari sumber nabati, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah dan kacang-kacangan.

Nutrisi atau makanan bergizi yang perlu dikonsumsi ibu hamil pada masa trimester 2 dan 3 ini adalah Omega 3. Menurut American Academy of Nutrition and Dietetics," Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi 8 sampai 12 ons ikan dan seafood dalam satu minggu untuk membantu mendapatkan jumlah omega 3 yang cukup untuk janin dalam kandungan."

Ibu hamil juga harus makan dan minum lebih banyak dari pada saat tidak hamil Untuk mencegah kelelahan selama hamil, serta ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan sumber zat besi dari buah-buahan, seperti alpukat dan buah-buahan berwarna hijau lainnya.

Untuk mencegah gigi rontok dan tulang rapuh, ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makan-makanan sumber zat kapur/ kalsium. Zat kapur ini juga sangat dibutuhkan janin selama dalam kandungan. Zat kapur atau kalsium bisa didapatkan melalui yoghurt, keju, kacang kedelai dan oatmeal. Sebaiknya minumlah susu ibu hamil kaya kalsium dua gelas sehari secara teratur.

Bila nafsu makan ibu hamil berkurang, makanlah makanan yang segar-segar, seperti, buah-buahan, sari buah, sayur bening, dan sebagainya.

Vitamin apa sebaiknya dikonsumsi ibu hamil ?

Sebaiknya periksakan dulu kehamilan anda pada pelayanan kesehatan, biasanya dokter ahli kebidanan atau Bidan akan memberi ibu hamil tablet fe untuk mencegah kekurangan zat besi, tanda-tanda kekurangan zat besi adalah mudah lelah dan lesu, serta pucat.

Selain zat besi, anda juga akan mendapatkan tablet atau kaplet mengandung asam folat. Asam folat ini sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel syaraf serta perkembangan otak janin. Bahkan asam folat dapat mencegah kelahiran prematur dan kecacatan.

Terkait dosis pemberian dan cara pemakaian yang tepat, sebaiknya konsultasikan pada pelayan kesehatan anda.

Pantangan apa saja yang harus ibu hamil hindari?

Ibu hamil jangan sekali-kali mengkonsumsi minuman beralkohol dan menghisap rokok, karena dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan janin.

Ibu hamil juga di sarankan tidak terpapar sebagai perokok pasif, segera hindari ruangan yang penuh asap rokok.

Terakhir, jangan lupa selalu memeriksakan kehamilannya minimal 1 kali tiap trimester selama kehamilan. Dan, jika menemukan sesuatu keluhan diluar kewajaran, segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Ibu hamil sehat akan melahirkan anak hebat.(AntonWijaya)