6 Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Ginjal


Medianers ~ Ginjal merupakan organ tubuh vital yang wajib di jaga pemiliknya. Dua ginjal yang dimiliki manusia sangat berarti dan berharga dari apapun, ginjal berfungsi menyaring darah serta mengeluarkan zat-zat sampah yang tidak dibutuhkan tubuh melalui urin.

Ginjal yang tidak berfungsi sebagai mana mestinya disebut dengan gagal ginjal. Penyakit tersebut menakutkan, sebab memakan biaya serta derita lumayan lama dan besar, pastinya ginjal gagal berfungsi akan rumit normal kembali, kecuali dilakukan cangkok ginjal.

Apa Saja Penyebab Kerusakan/ Penyakit Ginjal?

Di Amerika faktor pencetus penyakit ginjal adalah tekanan darah tinggi, diabetes melitus atau riwayat keluarga gagal ginjal . Ketiga faktor tersebut, diduga "dalang" satu dari tiga orang Amerika risiko terkena penyakit ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal 3 faktor risiko di atas harus diatasi, agar ginjal tetap sehat hingga ajal menjemput. Medianers merangkum 6 rahasia agar ginjal anda tetap sehat, dan berfungsi dengan baik, uraianya sebagai berikut:

1. Menjaga Asupan Cairan Tubuh


Asupan cairan sangat penting bagi tubuh dan kesehatan ginjal, tapi cairan yang masuk jangan berlebihan (sesuaikan dengan kebutuhan tubuh). Kata nephrologist, James Simon,MD. "Merupakan ide yang baik untuk minum cukup air, minum lebih dari 4-6 gelas sehari mungkin tidak akan membantu ginjal anda melakukan pekerjaan mereka lebih baik." Maksud Simon, bagi orang sehat sebaiknya minum air putih lebih dari 4-6 gelas/hari. Sesuai anjuran 8 gelas/hari atau 2 liter.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Pada dasarnya ginjal dapat mentolerir berbagai jenis kebiasaan mengkonsumsi diet 'jelek', tapi Simon menunjukkan bahwa sebagian besar masalah ginjal timbul dari komplikasi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karena itu, ia menyarankan agar mengikuti, kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah. Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi akan membantu menjaga kesehatan ginjal agar tetap baik.

3. Olahraga secara teratur

Kegiatan olahraga adalah ide yang baik, karena, seperti kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik secara teratur dapat mencegah berat badan dan tekanan darah tinggi. Tapi, berhati-hati dari beberapa banyak latihan yang anda lakukan, usahakan tidak memaksa ginjal bekerja extra, hindari terjadinya dehidrasi, sebab jika Anda berolahraga terlalu keras akan menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan jaringan otot, "kata Dr.Simon.

4. Hati-hati konsumsi suplemen dan obat herbal

Mengkonsumsi suplemen vitamin tertentu dan beberapa ekstrak herbal dapat membahayakan ginjal Anda. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter tentang vitamin dan herbal yang akan anda konsumsi. Apakah benar sesuai dengan kebutuhan tubuh? Sebab zat kimiawi yang terkandung dalam suplemen dapat memperberat kerja ginjal, dan obat herbal yang ditawarkan di pasaran kebanyakan palsu dan berbahaya.

5. Berhenti merokok

Ini yang paling berat, termasuk bagi penulis sendiri, yakni berhenti merokok. Kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah, yang mengurangi aliran darah ke ginjal. Ketika ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, maka ginjal tidak dapat berfungsi optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal.

6. Jangan ketergantungan obat penghilang rasa nyeri

"Mengkonsumsi obat seperti ibuprofen dan naproxen atau sejenisnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal, jika obat tersebut dikonsumsi secara teratur dalam jangka waktu lama," kata Dr Simon.

Jika Anda memiliki ginjal yang sehat dan menggunakan obat-obatan anti nyeri/ penghilang rasa sakit sesekali, mungkin tidak menimbulkan risiko. Tapi, Dr Simon mengatakan bahwa, "Jika Anda mengkonsumsi untuk penghilang rasa nyeri penyakit kronis atau arthritis, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang pemantauan fungsi ginjal atau mencari cara alternatif untuk mengontrol rasa sakit." Jelasnya.

Dr.Simon menambahkan, "Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter Anda harus mengetahui disfungsi ginjal sebagai bagian dari perawatan rutin untuk mengetahui kondisi ginjal."

Besar kemungkinan kesehatan ginjal terpengaruh oleh kondisi medis lainnya. Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal yang paling aman adalah dengan merawat kesehatan tubuh.

Dr.Simon mengatakan, "Makan sehat, berolahraga secara teratur dan mengontrol berat badan."  Demikianlah rahasia menjaga kesehatan ginjal. "Ginjal sehat seperti tubuh yang sehat." Ungkap Dr.Simon sebagaimana yang dipublikasikan cleveland clinic dan disadur serta diterjemahkan oleh author Medianers.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan