10 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips-ginjal-sehat
Medianers ~ Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang kaya kandungan zat makanan. Zat makanan yang dibutuhkan tubuh dikembalikan ke sirkulasi, sedangkan zat toksin (racun) yang tidak dibutuhkan tubuh dikeluarkan melalui urin (pipis).

Bila ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, katakanlah gagal ginjal, maka seseorang butuh perawatan lama, bahkan secara berkala dianjurkan cuci darah. Artinya butuh biaya besar agar tetap bisa menjalani kehidupan. Untuk itu, sebaiknya lakukan pencegahan, sebelum ginjal anda bermasalah, medianers merangkum 10 tips agar ginjal anda tetap sehat, diantaranya:
  1. Hindari kontak, apalagi mengkonsumsi makanan  beracun dan berbahaya.
  2. Makan banyak buah dan sayuran segar.
  3. Jauhi gula, soda dan pemanis buatan.
  4. Usahakan minum air putih saja, hindari minuman instan. 
  5. Konsumsi air putih minimal 6-8 gelas perhari. 
  6. Menjaga berat badan ideal.
  7. Tetap fit dan olah raga ringan, setidaknya 30 menit lakukan aktivitas fisik tiap hari, (minimal lakukan olahraga selama 30 menit 5 kali dalam 1 minggu), olah raga dapat meningkatkan denyut jantung. Olahraga ringan yang dimaksud, seperti: bersepeda, jogging, berenang atau aerobik. 
  8. Hindari merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol.
  9. Kontrol gula darah dan tekanan darah secara berkala.
  10. Segera periksakan kesehatan anda pada pelayanan kesehatan, jika mengalami penurunan kesehatan, jangan sembarang konsumsi obat, sebab  penggunaan obat-obatan yang tidak tepat akan memperberat kerja ginjal anda.
Terkait : 6 Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
Ingat bahwa menghindari semua racun, melakukan olah raga secara teratur, serta konsumsi diet seimbang dan minum banyak air putih, akan membantu menjaga kesehatan ginjal anda, agar ginjal bisa berfungsi dengan baik dan selalu dalam kondisi sehat.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan