Lilian D Wald, Sosok Pelopor Lahirnya "Perawat Kesehatan Masyarakat"

Pelopor-Perawat-kesehatan-masyarakat
Lilian D Wald/ Sumber: Google.co.id
Medianers ~ Lilian D Wald lahir 10 Maret 1867, ia menyelesaikan pendidikan Keperawatan di New York Hospital Training School for Nurses pada tahun 1891. Lilian D Wald perawat pertama yang mencetuskan lahirnya Perawatan Komunitas, yakni melayani kesehatan masyarakat dengan cara langsung mengunjungi masyarakat ke rumah-rumah penduduk miskin yang sulit mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

Selain mempelopori lahirnya Perawat Kesehatan Masyarakat, Lilian D Wald juga dikenal sebagai aktivis perlindungan anak dan hak-hak perempuan. Ia mendirikan organisasi the Children’s Bureau pada tahun 1912, tujuannya untuk melindungi anak-anak dari praktek pekerja anak.

Berselang 2 tahun, tepatnya 1914, Lilian D Wald mendirikan organisasi bernama Women's International League for Peace and Freedom (WILPF). Tujuannya untuk menjaga perdamaian dan kebebasan perempuan dari ekploitasi.

Lilian D Wald juga mendokumentasikan setiap kegiatannya dengan menulis buku. Bukunya yang terkenal adalah The House on Henry Street (1911) dan Windows on Henry Street (1934). Dalam buku tersebut ia menuliskan terkait pekerjaan terhadap pelayanan  kesehatan masyarakat dan perjuangannya sebagai aktivis anak dan perempuan.
Buku-lilian-d-wald
Buku Lilian D Wald / source: google.co.id
Lilian D Wald dikenang dan dikenal berkat usahanya memperjuangkan hak-hak anak, perempuan dan kesehatan masyarakat, semua aktifitasnya ia tuliskan dalam buku sehingga biografinya juga di didokumentasikan di situs Biografy.com dan wikipedia. Serta latar belakangnya juga dibukukan oleh Clare Cross dengan judul buku "Lillian D. Wald: Progressive Activist (A Feminist Press Sourcebook)." (Editor: AntonWijaya)