Lowongan Kerja Perawat

Medianers ~ Jarang sekali Lowongan Kerja Perawat diumumkan oleh pihak Rumah Sakit, entah apa sebabnya. Kecuali rumah sakit baru dibuka, biasanya diberitakan melalui media cetak dan online. Bahkan disebar luas melalui brosur.

Padahal informasi lowongan kerja Perawat ini sangat dibutuhkan oleh pencari kerja. Biasanya untuk perekrutan PNS, baru diumumkan di media masa, serta berapa Perawat yang dibutuhkan, namun Rumah Sakit milik pemerintah jika merekrut tenaga non PNS umpama tidak diumumkan, tapi memanggil berdasarkan lamaran yang telah masuk saja.

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Pemerintah

Pencari kerja yang memasukan lamaran ke bagian personalia atau ke bagian umum dan kepegawaian Rumah Sakit Pemerintah, biasanya sewaktu-waktu bilamana rumah sakit bersangkutan membutuhkan tenaga Perawat, maka akan dipanggil untuk di tes.

Kadang panggilan mendadak, jarang di umumkan bahwa ada perekrutan penambahan pegawai baru. Demikian yang sering medianers amati. Sebaiknya bagi Perawat yang ingin mendapatkan pekerjaan di Rumah Sakit milik pemerintah daerah atau pusat, baik sebagai tenaga kontrak maupun harian lepas sebaiknya masukan berkas lamaran lengkap dan jangan lupa mencantumkan alamat jelas, serta nomor telpon yang mudah dihubungi. Artinya, untuk memasukan surat lamaran jangan ditunggu dulu adanya pengumuman.

Jika bahan sudah lengkap, silahkan masukan ke bagian kepegawaian. Dan, tunggu panggilan, sewaktu-waktu anda akan dipanggil. Biasanya, ada juga Rumah Sakit Pemerintah yang respon dan membalas lamaran anda, bahwa "mereka belum butuh tenaga Perawat dan bla-bla." Tapi, kecenderungannya jarang di balas, namun tiba-tiba ditelpon untuk mengikuti seleksi. 

Kesimpulan, buat lamaran sebanyak-banyaknya dan masukan saja ke bagian kepegawaian rumah sakit pemerintah yang anda ketahui. Mana tau sewaktu-waktu anda akan di panggil untuk seleksi. Dan siapkan mental serta kemampuan potensi akademik agar lulus seleksi.

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta

Pada umumnya Rumah Sakit swasta lebih cendrung mengumumkan secara terbuka, bahwa ada Lowongan Kerja Perawat serta menginformasikan jumlah penerimaan dan spesifikasi Perawat yang akan di terima. Seperti penerimaan tenaga Perawat di Ibnu Sina misalnya yang pernah medianers posting.

Selain pengumuman di internet, biasanya rumah sakit swasta mengiklankan di media massa atau di selebaran bahwa ada Loker Perawat dan Bidan atau lowongan  kerja untuk tenaga kesehatan. Jadi bagi anda yang butuh pekerjaan, wajib rajin mencari informasi lowongan pekerjaan yang dimaksud.

Tips Dapatkan Lowongan Kerja Perawat
Tips-tingkatkan-personal-branding
Bagi anda Perawat yang belum kerja atau masih mencari pekerjaan. Hendaknya segera keluar dari zona nyaman, silahkan tinggalkan rumah orang tua dan segera merantau, jajakan ijazah di rumah sakit di kota yang anda sukai. Sambil jalan bangun relasi dengan senior Perawat yang anda kenal, beritahukan pada mereka bahwa anda butuh pekerjaan. Jika ada lowongan kerja Perawat di tempat mereka bekerja, sewaktu-waktu pasti senior tersebut akan menghubungi anda.

Kemudian, tingkatkan skill, dan personal branding anda. Skill bisa anda dapatkan dengan mengikuti program pelatihan. Anda harus jeli juga mengambil jenis pelatihan, lihat peluang, kira-kira pelatihan dan ketrampilan apa yang masih langka dimiliki Perawat? Jika anda sudah mengetahui dan menyukai maka segera ikuti pelatihan tersebut, sehingga sewaktu anda memasukan lamaran kerja, anda memiliki nilai plus dibanding Perawat peserta lainnya.

Personal branding bisa anda tingkatkan melalui komunitas, forum dan kegiatan ilmiah. Anda dituntut aktif, kalau bisa usahakan menulis, baik di internet maupun di dunia nyata, berikan ide-ide segar melalui tulisan, atau melalui diskusi di forum-forum ilmiah. Dengan sendirinya, anda akan ditawari oleh instansi atau seseorang untuk bekerjasama dengannya, karena anda memiliki brand, yang belum tentu dimiliki orang lain. Untuk mengenalkan brand yang dimaksud tentunya harus sering tampil di forum maupun di literasi yang mudah di akses orang banyak. Sekian.(AntonWijaya)