Indikator Perawat Sebagai Profesi


Medianers ~  Asal kata dari Perawat adalah rawat. Sedangkan rawat artinya pelihara, urus, jaga,.Jika dikaitkan menjadi Perawat berarti maknanya memelihara, mengurus, dan menjaga kesehatan pasien, keluarga dan masyarakat. 

Perawat merupakan sebuah profesi. Ditilik dari 5 hal yang dimiliki Perawat berikut ini, diantaranya:
  1. Adanya pengetahuan dan keahlian khusus, yang didapat dari pendidikan dan pelatihan.
  2. Adanya kode etik profesi.
  3. Mengabdikan diri pada kepentingan masyarakat.
  4. Menjadi anggota profesi (memiliki organisasi profesi).
  5. Memiliki sumpah profesi
Pastinya tugas Perawat adalah merawat pasien dan masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan pengobatan. Meskipun seseorang telah menamatkan diri dari pendidikan  Ilmu Keperawatan, belum tentu ia bisa dikatakan sebagai Perawat. Sebab Perawat adalah identik dengan merawat, memeilihara, mengurus, dan menjaga kesehatan masyarakat.
ilustrasi/ photo: alana.io
Dewasa ini, banyak tamatan sekolah/ pendidikan ilmu Keperawatan belum tentu mau mendedikasikan dirinya sebagai Perawat. Pertanyaannya Kenapa? Karena berat jadi Perawat. Sebab merujuk dari pengertian Perawat, tentunya menjadi seorang Perawat bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan sebuah profesi yang mendedikasikan dirinya pada sebutan yang melekat pada profesi tersebut. Jika dilihat pengertian dedikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indosesia (KBBI), maka arti kata dedikasi adalah sebagai quotes berikut:
dedikasi/de·di·ka·si/ /dedikasi/ n pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia; pengabdian. Sedangkan berdedikasi artinya mengabdikan diri.
Bagi seseorang tamatan sekolah Perawat yang belum siap mengabdikan diri pada masyarakat maka akan "banting stir" mencari pekerjaan di instansi lain, di luar instansi kesehatan, seperti kerja di Bank dan perkantoran misalnya. Sebab mengabdikan diri pada masyarakat itu tidak mudah, apa lagi mendahulukan kepentingan orang banyak dan mengesampingkan kepentingan pribadi.

Tidak bermaksud mengatakan bahwa bekerja di Bank atau diperkantoran bukan mengabdikan diri pada masyarakat. Maksudnya, bilamana Perawat bekerja disitu, berarti ia tidak lagi menjalankan kegiatan profesi, tapi lebih cendrung menjalankan sebuah pekerjaan.

Menjalani profesi sebagai Perawat, tentunya akan mendapat imbalan setimpal dari pemerintah, swasta dan masyarakat. Bila Perawat menjalankan profesinya, maka ia akan mendapat imbalan berupa gaji, upah maupun penghargaan lainnya.Jadi, Perawat bisa bertahan hidup berkat profesinya pula.(AntonWijaya)