5 Istilah Tentang Penyakit Menular

Medianers ~ Dalam dunia kesehatan ada beberapa istilah penting perlu diketahui terkait penyakit menular, yang mana istilah penyakit menular yang dimaksud diantaranya:
Ilustrasi / Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk pembawa virus dengue
penyebab penyakit menular seperti demam berdarah (AP Photo/Andre Penner/ www.wjla.com/ )
1. Carrier ( Pembawa Penyakit)

Carrier adalah manusia atau hewan tempat berdiamnya agent menular, dengan adanya penyakit yang secara klinis tidak terlihat nyata, tetapi dapat bertindak sebagai sumber infeksi yang cukup penting. Kemampuan sebagai pembawa (carrier) bisa terdapat pada seseorang dengan infeksi yang tidak tampak nyata sepanjang waktu tersebut (umumnya dikenal sebagai orang sehat atau pembawa yang tidak jelas gejalanya), atau berada dalam masa inkubasi atau masa penyembuhan dan sesudah masa penyembuhan dari suatu penyakit infeksi tertentu (convalescent carrier). Pada kondisi tertentu maka kemampuan sebagai pembawa bisa berlaku dalam waktu singkat atau panjang (temporary carrier/ transient carrier),atau chronic carrier.

2. Chemopraphilaxis

Chemopraphilaxis adalah pemberian bahan kimiawi termasuk antibiotika, untuk mencegah pertumbuhan atau perkembangan infeksi menjadi penyakit. 

3. Communicable disease

Communicable disease yaitu penyakit yang disebabkan oleh unsur/agent penyebab menular tertentu atau hasil racunnya, yang terjadi karena perpindahan/penularan agent atau hasilnya dan orang yang terinfeksi, hewan, atau reservoir lainnya (benda lain) kepada pejamu yang rentan (potential host), baik secara langsung maupun tidak langsung melalui pejamu perantara hewan (vektor),atau lingkungan yang tidak hidup.

4. Communicabel period

Communicabel period yaitu selama waktu tertentu di mana agent menular dapat dipindahkan baik secara langsung maupun tidak langsung dari orang terinfeksi ke orang lain, dan hewan terinfeksi ke manusia atau dari seseorang terinfeksi ke hewan, termasuk arthropoda.
Terkait : Ini Penyakit Menular Bengkak Pada Pipi Bawah Telinga Nan Disepelekan
Seperti penyakit dipteria dan infeksi oleh streptococcus yang melibatkan selaput lendir sebagai akses masuknya penyakit. Beberapa penyakit lebih bersifat menular selama periode inkubasi dari pada selama masa klinis. Beberapa penyakit tertentu seperti tuberkulosis, lepra, sifilis, gonorrhea, dan beberapa bentuk salmonellosis. Penyakit yang ditularkan oleh vektor arthropoda seperti malaria dan demam kuning/berdarah, periode penularannya adalah selama agent menular terdapat dalam darah atau jaringan orang yang terinfeksi.

5. Contamination (Kontaminasi)

Contamination adalah adanya agent menular pada permukaan tubuh, dalarn pakaian, termasuk semua yang berkaitan dengan tempat tidur, mainan, alat-alat bedah atau baju operasi maupun benda/zat termasuk termasuk air dan makanan. (Dihimpun dari berbagai sumber)