Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan

Medianers ~ Bulan ramadan merupakan bulan suci penuh ampunan juga bulan penuh berkah bagi umat muslim dunia. Di bulan ramadan umat muslim berkesempatan menjaga hati, pikiran, jiwa dan kesehatannya dari godaan hawa nafsu dunia.

Di bulan ramadan juga di ajarkan bagaimana seseorang menahan diri dari amarah, benci, bengis dan dendam. Termasuk menjaga mulut dari pergunjingan, serta menahan diri dari minum makan, kecuali waktu berbuka dan sahur telah tiba.

Selama puasa di bulan ramadan umat muslim juga wajib menjaga hawa dan nafsu dari godaan binalnya kehidupan dunia. Menjaga mata dari pandangan tidak senonoh, menjaga hati dari sifat ria dan sombong, termasuk menjaga langkah, menghindari perbuatan maksiat.

Di bulan ramadan yang berkah ini, sangat bermanfaat pula bagi kesehatan, seperti mengendalikan kolesterol misalnya. Serta mengatur kerja serta mengistirahatkan sistim pencernaan di siang hari. Lambung dan usus yang biasanya selama 11 bulan bekerja full time di siang hari, selama ramadan akan dapat beristirahat sejenak dari pagi hingga senja.
Manfaat-ramadan-bagi-kesehatan
Umat muslim tidak makan dan minum di siang hari,
maka dari itu tidak pantas umat muslim lainnya berjualan makanan di siang hari.
Di bulan penuh berkah ini, jiwa dan raga manusia diatur, dikelola  sesuai ajaran islam, ajaran yang tidak bertentangan dengan ilmu kesehatan, belum ada teori yang menyatakan bahwa orang menderita penyakit maag akan kambuh di bulan ramadan jika ia berpuasa. Dan, belum ada pula teori yang mengungkapkan penderita diabetes melitus gula darahnya menjadi tidak stabil gara-gara berpuasa. 

Malahan sebaliknya, orang dengan diabetes melitus dianjurkan berpuasa untuk mengendalikan kadar gula dalam darahnya, demikian pula pasien yang akan di operasi tidak dilihat apa agamanya, tapi di anjurkan puasa selama 8-12 jam menjelang pembedahan yang tujuannya untuk mengistirahatkan serta mengosongkan isi lambung dan usus.

Demikianlah manfaat luar biasa puasa, umat muslim ternyata sudah diatur bagaimana menjalani kesehatan yang baik, yakni 1 bulan penuh, selama bulan ramadan, kurang lebih 30 hari menahan haus dan lapar, menahan hawa nafsu, menahan diri dari perbuatan maksiat, dan perbuatan tercela lainnya. Maka manfaatkanlah selama bulan ramadan ini menjalaninya dengan total tanpa kecuali agar kembali fitrah, dan suci dari segala penyakit serta keburukan mental lainnya.(AntonWijaya)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan