Ini Salah Satu Penyebab Telapak Kaki Bengkak

Medianers ~ Barangkali telapak kaki anda pernah tertusuk oleh duri, atau oleh tulang ikan atau ranting. Dan, Anda tidak menyadari bahwa ada sebagian tertinggal ketika mencabut tusukan.
bengkak-pada-telapak-kaki
Bengkak pada telapak kaki
Trauma kecil tersebut dibiarkan sembuh sendiri dan dibiarkan tanpa tindakan serius, maka kemungkinan suatu hari nanti sisa duri/tulang/ranting yang tertinggal dalam telapak kaki akan menjadi penyakit, yakni bisa menjadi bengkak dan abses (infeksi bernanah) dan bisa pula 'clavus' jaringan keras dan terasa sakit saat berpijak. 

Kalau sudah demikian, tentunya anda akan mengunjungi rumah sakit dan mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter bedah. Nah, tindakan pengobatannya adalah ' eksisi' yaitu akan disayat dengan pisau dan dibuang clavus tersebut hingga ke akar-akarnya. Manakala itu abses, maka akan dikeluarkan nanahnya hingga bersih.

Kemudian luka ditutup, bila luka sayatan lebar kemungkinan akan dijahit untuk mempertemukan dua sisi yang tersayat, agar luka cepat sembuh. 

Bila anda pernah mengalami telapak kaki tertusuk oleh duri, ranting kayu, tulang ikan, dan lain-lain maka pertolongan pertama adalah cabut di bawah air mengalir agar seluruh material terangkat keluar sekaligus bertujuan mencegah kotoran tertinggal pada bekas tusukan. Seandainya tidak yakin keluar semuanya, sebaiknya bawa ke pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan terapi sesuai standar kesehatan. Dan, terakhir jangan lupa selalu menggunakan alas kaki setiap keluar rumah.(AW)