Penanganan Kista Pada Lutut

Medianers ~ Pasien wanita, (40 tahun) datang ke poliklinik memeriksakan bengkak pada lutut kaki kirinya. Setelah diperiksa oleh dokter bedah, dan dikaji riwayat kesehatan, maka pasien didiagnosa kista yang terdapat pada tengkuk lutut kaki kiri.

Gejala yang dirasakan pasien sebelum datang ke poliklinik adalah ketika bersimpuh atau bersujud terasa sakit pada tengkuk lutut. Kadang-kadang terasa nyeri bila terbentur sesuatu. Dan, bengkak pada lutut terasa menganggu aktifitas.
Kista pada lutut kaki
Ilustrasi bengkak pada lutut dan bentuk kantong kista
Perkiraan dokter bedah, penyebab kista pada tengkuk lutut karena haematoma, adanya trauma atau benturan pada masa lalu. Lalu haematoma (bengkak kebiruan-biruan). Dalam jangka waktu tertentu, cedera yang berbentuk haematoma tersebut didalamnya terdapat cairan darah karena pecahnya pembuluh darah,namun darah tidak keluar tapi tertahan yang akhirnya membentuk kantong yang disebut dengan kista karena trauma.

Kista pada lutut kaki ada juga disebabkan oleh berkumpulnya cairan sendi, terutama berlokasi di daerah lipatan dibelakang tengkuk lutut, dikenal dengan kista baker. Yang membedakan kista karena trauma dengan kista baker adalah diilihat dari penyebabnya. Kista baker cairannya berbentuk gel dan bening, sedangkan cairan kista karena benturan cairan yang ada dalam kantong berwarna gelap, bahkan kuning dan kemerah-merahan.

Saran dari Dokter Ridwan Muchtar selaku ahli bedah di RSUD dr Adnaan WD, apa bila ada benturan pada lutut dan bengkak, sebaiknya pertolongan pertama dikompres dingin (menggunakan es) bertujuan mengurangi cedera dan mencegah terjadi perdarahan (haematoma) kemudian dihari kedua lakukan kompres panas untuk menghilangkan bengkak. Pertolongan pertama tersebut juga berguna untuk mencegah agar tidak terjadinya kista pada lutut yang disebabkan trauma tumpul pada lutut.(aw)