Letnan Anderson Tawanan Perang: "Perawat dan Dokter Indonesia Ramah Sekali"

Medianers ~ Letnan Bruce Anderson, tentara Sekutu asal Australia merupakan tawanan perang tentara pejuang kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan (1932-1947). Anderson bersama anak buahnya terperangkap di daerah perbatasan Kota Surabaya. Hanya Anderson yang selamat dan jadi tawanan perang, kemudian dirawat oleh Perawat Indonesia.

Kisah Letnan Anderson ini pernah diterbitkan oleh nationalgeographic.co.id (2014) yang bersumber dari buku otobiografi Muriel Stuart Walker, berjudul  Revolt in Paradise, yang terbit pertama kali di New York pada 1960. Muriel Stuart Walker yang mencintai Indonesia dan mendukung kemerdekaan republik Indonesia juga memiliki nama asli nusantara, yaitu  K'tut Tantri. Bukunya juga dialih bahasakan dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dengan judul Revolusi di Nusa Damai pada 1982 dan 2006.

Pada saat penyergapan oleh gerlyawan Indonesia, nyaris semua anak buah Anderson terbunuh, dan hanya Anderson yang berhasil lolos dari kepungan. Namun, ia berhasil ditemukan kembali, lalu jadi tawanan perang dan diobati serta dirawat luka yang ada ditubuhnya di rumah sakit di Mojokerto oleh tim Dokter dan Perawat.

Anderson, selama jadi tawanan perang terkesan akan Dokter dan Perawat Indonesia, ia mengaku dalam buku Muriel Stuart Walker, bahwa, ”belum pernah aku diperlakukan sebaik di tempat ini! Para Dokter dan Perawat di sini ramah sekali.”

Bahkan Anderson mendapatkan pengalaman menarik selama dirawat oleh Perawat Indonesia dimasa zaman penjajahan, ”perawat-perawat yang manis-manis dan pandai berbahasa Inggris biasa masuk kemari dan mengajakku mengobrol,” tambahnya.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan