Jenis Pelatihan Paling Diminati Perawat

Medianers ~ Pendidikan dan pelatihan merupakan hal penting bagi profesi Perawat. Pelatihan yang diminati Perawat berdasarkan kebutuhan pekerjaannya sehari-hari atau berdasarkan kebutuhan ruang rawatan tempat ia bekerja dapat medianers uraikan sebagai berikut:
Pelatihan-perawat

Pelatihan Basic Perawat Kamar Bedah

Pelatihan basic perawat kamar bedah sangat diminati oleh Perawat-perawat muda yang baru tamat, juga Perawat yang telah bekerja. Pelatihan tersebut biasanya diselenggarakan oleh Rumah Sakit Pendidikan kerjasama HIPKABI ( Himpunan Perawat Kamar Bedah Indonesia).

Pelatihan basic perawat kamar bedah ditujukan untuk perawat yang berminat mengabdikan diri di kamar operasi. Sebab salah satu syarat akreditasi rumah sakit Perawat yang bekerja di kamar operasi wajib punya sertifikat pelatihan basic perawat kamar bedah.

Pelatihan Pertolongan Pertama Penderita Gawat Darurat ( PPGD)

Sertifikat Pelatihan PPGD merupakan syarat penting dimiliki setiap Perawat dimanapun ia bekerja ilmu PPGD sangat berguna dan akan terpakai. Sertifikat pelatihan PPGD mayoritas dimiliki setiap Perawat, merupakan sebuah keharusan untuk menunjang prestasi kerja di tempat pelayanan kesehatan.

Pelatihan PPGD juga sangat diminati oleh Perawat yang baru tamat, karena saat mendaftar pekerjaan di sebuah rumah sakit, jika pelamar memiliki sertifikat PPGD akan mendapatkan nilai tambah dan prioritas. Demikian juga bagi yang sudah bekerja akan mendapatkan nilai plus jika ingin jadi tenaga TKHI ( Tenaga Kesehatan Haji Indonesia).

Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support ( BTCLS)

Pelatihan BTCLS merupakan lanjutan dari pelatihan PPGD, sertifikatnya lebih bergengsi daripada pelatihan PPGD. Mayoritas yang telah mengikuti pelatihan PPGD akan berminat untuk mengikuti pelatihan BTCLS.

Perawat yang telah mengikuti pelatihan BTCLS juga memiliki nilai tambah untuk prioritas diterima bekerja di Rumah Sakit atau di sebuah perusahaan asing atau untuk tenaga TKHI.

Pelatihan Intensive Care Unit ( ICU)

Pelatihan ICU juga diminati oleh Perawat. Karena untuk Perawat yang ingin bekerja di ruang ICU butuh ketrampilan khusus yang menguasai di bidang ICU, seperti menguasai EKG, fisiologi jantung, keseimbangan cairan tubuh, pengoperasionalan monitor tanda-tanda alat vital, dan lain-lain.

Perawat mahir ICU biasanya juga akan melakukan pelatihan lanjutan di bidang yang sama.

Pelatihan Neonatal Intensive Care Unit ( NICU)

Sama halnya dengan pelatihan ICU, yang membedakan pelatihan ini adalah khusus menangani bayi yang bermasalah dengan pernafasan, berat badan lahir rendah, infeksi dan lain-lain.
Baca Juga : Alasan Penting Pendidikan Dan Pelatihan Wajib Bagi Perawat
Pelatihan NICU juga banyak diminati oleh perawat muda yang akan mencari kerja, karena memiliki sertifikat pelatihan ini, memiliki peluang besar untuk direkrut oleh rumah sakit.

Pelatihan lainnya yang diminati Perawat

Sesungguhnya masih banyak jenis pelatihan lainnya yang diminati oleh perawat. Diantaranya: pelatihan haemodialisa, pelatihan perawatan luka modern, pelatihan hipnotherapy, pelatihan membaca EKG dan pelatihan bantuan hidup dasar.(AW)