Empat es ( 4S ), cara ampuh membius pasien

Bocoran ini adalah rahasia jitu yang akan saya beberkan agar petugas yang ada di pelayanan kesehatan,seperti Klinik,Puskesmas dan Rumah Sakit dapat mempraktekan dengan gampang sehingga pasien terbius dengan mudah dan aman.

Jika anda telah mengetahui, tidak masalah, mari kita saling berbagi, seandainya belum pernah tau, tolong disampaikan pada yang lain.

Langkah-langkahnya, Ada 4S, sebenarnya 4S cara kuno yang dimodifikasi dan telah terbukti ampuh, ketika saya praktekan di Rumah Sakit. Anda penasaran?..mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Es yang pertama, tolong di ingat! "Senyum"

Senyum sangat mudah dilakukan, irit, tidak mengeluarkan usaha dan biaya yang banyak. Jika anda menemui pasien atau orang lain dilingkungan tempat anda bekerja, hadiahilah mereka dengan senyuman yang ikhlas, karena itu gerbang awal untuk menjalin kepercayaan dan rasa peduli. 

Es yang ke 2 "Salam"

Ucapkanlah kata salam, ketika anda menemui pasien atau ketika anda pertama kali bertemu. Jangan merasa malu untuk menyebutkan, "selamat pagi,siang atau malam mas/mbak/pak/buk/uda/uni,dll."

Es yang ke 3 "Sapa"

Sapalah mereka yang terbaring lemas ditempat tidur itu dan tanya bagaimana keadaanya hari ini? apa yang ia rasakan? apakah perkembangan penyakitnya semakin membaik? apakah ia membutuhkan sesuatu? pasien, keluarganya dan siapa saja sangat senang diberi perhatian.

Terakhir "Sentuh"

Anda bisa saja membelai rambut, jika itu anak-anak atau ia orang tua, anda juga bisa meraba nadi yang ada di pergelangan tanganya untuk memastikan bahwa anda benar-benar peduli atau memeriksa langsung rasa sakit yang ia keluhkan.

Seandainya 4S telah anda terapkan, masih ditemui kendala dan pembiusan psikologis tidak berhasil yang ditandai dengan, pasien,keluarga dan orang lain masih cemberut dengan anda, sebaiknya evaluasi lagi kesalahan yang pernah dilakukan dan jangan malu untuk minta maaf, jika memang telah khilaf.

Barangkali kiat di atas ada yang kurang atau terlupakan, sahabat/pengunjung dapat menambahkanya di kotak komentar.