Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Psikologi Klinis ?

Medianers ~ Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berkaitan dengan penilaian dan pengobatan penyakit mental, perilaku abnormal, dan masalah kejiwaan.

Psikologi klinis mengintegrasikan ilmu psikologi dengan pengobatan masalah manusia yang rumit, menjadikannya pilihan karir yang menyenangkan bagi orang-orang yang ingin bekerja di bidang yang menantang dan bermanfaat.

Sedangkan menurut American Psychological Association, psikologi klinis adalah spesialisasi psikologis yang menyediakan perawatan kesehatan mental dan perilaku yang berkelanjutan dan komprehensif bagi individu dan keluarga, konsultasi dengan lembaga dan masyarakat, pelatihan, pendidikan dan pengawasan, dan praktik berbasis penelitian.

Psikologi klinis adalah spesialisasi yang luas, salah satu yang secara luas termasuk psikopatologi berat - dan ditandai dengan kelengkapan dan integrasi pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin dalam dan di luar psikologi yang tepat.

Ruang Lingkup Psikologi Klinis

  1. Memahami psikopatologi dan pertimbangan diagnostik / intervensi.
  2. Masalah kesehatan mental di seluruh rentang usia berdasarkan pemahaman yang kuat tentang psikopatologi.
  3. Penilaian: kemampuan untuk mengintegrasikan dan menyintesis data tes kepribadian dengan langkah-langkah penilaian standar tambahan.
  4. Konsultasi: kemampuan untuk berkonsultasi dengan profesional dan organisasi perawatan kesehatan dan perilaku kesehatan lainnya mengenai psikopatologi berat, bunuh diri dan kekerasan.
  5. Basis Penelitian: keterlibatan dengan penelitian spesifik dan tinjauan kritis sains, pengetahuan dan metode yang berkaitan dengan bidang-bidang yang diidentifikasi sebagai psikologi klinis yang berbeda.


Parameter untuk Menentukan Praktik Profesional dalam Psikologi Klinis


Psikologi klinis sebagai spesialisasi menyediakan layanan untuk individu dan keluarga di seluruh rentang hidup dan dari semua latar belakang etnis, budaya dan sosial ekonomi, serta kelompok dan komunitas.

Keistimewaan psikologi klinis membahas masalah-masalah perilaku dan kesehatan mental yang dihadapi oleh individu di sepanjang masa hidupnya, termasuk:
  1. Kecacatan intelektual, emosional, psikologis, sosial dan perilaku.
  2. Kecacatan dan ketidaknyamanan.
  3. Masalah penyesuaian kecil serta psikopatologi berat.

Prosedur Kerja Psikolog Klinis

  1. Melakukan penilaian di klinik psikologi, diantaranya: wawancara diagnostik, penilaian perilaku, administrasi dan interpretasi pengukuran tes psikologis.
  2. Intervensi (tingkat primer, sekunder dan tersier), yaitu layanan klinis untuk individu, keluarga dan kelompok.
  3. Konsultasi psikologi klinis di klinik psikologi, yaitu praktik inter dan intra-profesional dengan profesional dan organisasi kesehatan dan perilaku kesehatan lainnya.
  4. Penelitian, yaitu keterlibatan dengan penelitian spesifik dan tinjauan kritis ilmu pengetahuan, dan metode yang berkaitan dengan psikologi klinis.

Persyaratan Pendidikan Menjadi Psikologi Klinis di Amerika Serikat


Dikutip dari halaman verywellmind.com yang ditulis oleh Kendra Cherry dan reviewed oleh Steven Gans, MD menerbitkan bahwa, "di Amerika Serikat, psikolog klinis biasanya memiliki gelar doktor dalam psikologi dan menerima pelatihan dalam pengaturan klinis. Persyaratan pendidikan untuk bekerja dalam psikologi klinis cukup ketat, dan sebagian besar psikolog klinis menghabiskan waktu antara empat hingga enam tahun di sekolah pascasarjana setelah mendapatkan gelar sarjana."(Berbagai sumber/ Editor: AW/ Ilustrasi : pixabay.com)