Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertama di Dunia, Ini Keunggulan Masker Transparan Leaf Mask

Medianers ~ Namanya 'leaf mask' diklaim sebagai masker transparan modern pertama di dunia. Saat ini, Leaf Mask telah bisa diorder secara daring, tapi belum dipasarkan di Indonesia, hanya ada di Amerika Serikat, (AS). Leaf Mask diproduksi oleh perusahaan alat kesehatan bernama Redcliffe Medical Devices Inc.

Terdapat sejumlah keunggulan leaf mask, dibanding masker konvensional,  diantaranya leaf mask dilengkapi dengan perangkat hepa filter, terletak di bagian dagu masker. Hefa filter yang terdapat dalam leaf mask memiliki kemampuan menyaring udara 99 persen lebih, termasuk memfitrasi bakteri atau virus dengan ukuran terkecil 0,3 mikron.

Produk yang telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) itu, sangat ketat menyaring udara. Tapi, tidak membuat nafas penggunanya sesak. Juga tidak perlu  dilorotkan ke dagu, saat berbincang dengan orang lain agar wajah kelihatan, sebagaimana menggunakan masker konvensional.

Selain itu, leaf mask juga bisa menghilangkan aroma tidak sedap, sebab leaf mask memiliki filtrasi karbon aktif, menghilangkan bau dan zat organik lainnya. Dalam komponen leaf mask juga dilengkapi sterilisasi aktif menggunakan UV-C daya tinggi yang bisa menghancurkan virus berbahaya.
Komponen leaf mask transparan
Komponen leaf mask/ Foto : leaf.healthcare
Leaf mask sengaja didesain transparan, agar terlihat wajah seseorang secara utuh saat menggunakannya. Seperti mulut, gigi, hidung dan dagu. Leaf mask terbuat dari silikon kelas optik. Memiliki kelenturan dan kuat, serta tahan api atau panas. Leaf mask juga dapat didaur ulang atau disterilkan kembali setelah pemakaian maksimal 1 bulan.

Lalit Verma, selaku co- founder mengatakan, "leaf mask adalah teknologi yang tepat pada waktu yang tepat. Dunia sedang dilanda krisis Covid-19, adopsi masker wajah yang buram dengan cepat mengancam keamanan sosial dan pengawasan publik dan transparansi. Jadi, leaf mask adalah kunci untuk mengamankan perlindungan skala besar," katanya.

Untuk standar keamanan, memang leaf mask saat ini menjadi pilihan menarik, karena menawarkan keunggulan lebih dibanding masker kain, atau masker bedah yang beredar di pasaran saat ini. Namun, harganya lumayan mahal, sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Penelusuran Medianers, di indiegogo.com, sebuah toko online resmi penjualan leaf mask, 1 unit leaf mask dipatok seharga 49 dolar. Jika 1 dolar sama dengan Rp. 14.000,- maka 1 unit leaf mask seharga Rp. 686.000,- Dan, pembeliannya tidak mudah, terlihat masih dalam tahap antrian hingga bulan September 2020 mendatang. (Editor: Anton Wijaya/ Sumber: leaf.healthcare dan indiegogo.com )

Terkait : Cara Membersihkan Masker Bedah dan N95