Mengupas Visi Misi Keperawatan RSUD dr Adnaan WD Kota Payakumbuh

Pagi menjelang siang, jarum jam menunjukan pukul 10.15 wib, tanggal 8/2/2011, sekitar 15 orang berseragam putih berkumpul di lantai 2, mereka adalah CPNS Kota Payakumbuh formasi Keperawatan untuk ditempatkan di RSUD dr Adnaan WD.

Melalui power point infocus, Ns. Lasmiraini, S.Kep selaku Kepala Bidang Keperawatan memaparkan tentang visi misi bidang keperawatan RSUD dr Adnaan WD, sebagai pegangan bagi CPNS dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Beliau menuturkan, visi keperawatan adalah cita-cita yang akan diwujudkan oleh profesi keperawatan, dimana bunyi visinya " Menjadikan pelayanan keperawatan profesional, mandiri dan bermutu untuk mewujudkan Payakumbuh Kota sehat 2012".

Visi keperawatan diatas kita rampungkan berdasarkan keinginan kuat bagi perawat RSUD dr Adnaan WD untuk meningkatkan citra pelayanan yang tentunya mendukung visi pemerintah Kota Payakumbuh menjadi Kota sehat 2012.

Dalam hal ini, kita menambahkan bahwa perawat perlu Profesional, mandiri dan bermutu sebagai kata kunci dalam mewujudkanya.

15 orang CPNS dengan serius mengikuti penjelasan dari Kabid Keperawatan.Setelah penjelasan selesai, beliau melemparkan pertanyaan pada CPNS dan CPNS pun terlibat diskusi dengan alot.

Kabid Keperawatan tersebut melanjutkan, untuk mencapai visi tersebut, kita telah merumuskan 3 poin penting yang tertuang dalam Misi Keperawatan, diantaranya:
  1. Memberikan layanan Asuhan Keperawatan sesuai standar pelayanan.
  2. Meningkatkan citra keperawatan melalui penerapan etika Keperawatan dalam memberikan pelayanan yang paripurna.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan secara berkesinambungan.

Pantauan penulis, CPNS bersemangat mendengarkan dan Lasmiraini pun berapi-api menjelaskan, bahwa dalam Misi Keperawatan pada poin ke-2 kita mengacu pada kode etik Keperawatan yang telah dirumuskan PPNI ( Persatuan Perawat Nasional Indonesia ), kode etik itu kita adopsi sebagai acuan dalam menegakan disiplin bagi perawat di RSUD dr Adnaan WD dengan harapan citra pelayanan keperawatan lebih bermutu.

Dalam mewujudkan kondisi yang ideal, beliau juga menyadari adanya kekurangan dalam hal evaluasi, kita masih mengacu pada badan pengendali mutu Rumah Sakit untuk menilai keberhasilan Visi Misi yang telah kita rumuskan, kedepanya Bidang Keperawatan dan Komite Keperawatan RSUD dr Adnaan WD akan membuat indikator sendiri untuk mengevaluasi, apakah Visi Misi berhasil atau tidak dan hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan citra pelayanan Keperawatan di RSUD dr Adnaan WD sehingga berimplikasi pada Payakumbuh Kota sehat 2012.

Artikel Terkait:

Ketika RUU Keperawatan di anggap tidak penting

Empat es ( 4S ), cara ampuh membius pasien

Komunikatif dan Cepat tanggap, jinakan hati pasien

Selamat HUT PPNI ke 36

Merawat hari ini untuk sehat besok

Sepenggal cerita tentang perawat pejuang, Mary jane seacole

Perawat inspiratif

Perawatan anak dengan demam

Jadi perawat bukan pilihan tapi panggilan jiwa

Mungkinkah cabang ilmu keperawatan forensik ada di indonesia

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan