Alam Lima Puluh Kota nan perawan

Lima Puluh Kota merupakan Kabupaten yang memiliki luas wilayah 3.354,30 km2 dan berpenduduk sebanyak 311.773 jiwa (sensus penduduk 2000). Kabupaten ini terletak di bagian timur wilayah provinsi Sumatera Barat atau 124 km dari Kota Padang dan berbatasan langsung dengan propinsi riau.

Air terjun Lembah Harau
Terbilang sebagai kabupaten yang memiliki keindahan alam nan rancak, Lima puluh kota banyak di kunjuangi wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya objek yang disenangi adalah Lembah Harau. Lembah Harau memiliki sekitar 5 air terjun, yaitu 1 air terjun di Akar Berayun dan 4 air terjun yang ada di Sarasah Bunta. Air terjun tersebut mempunyai air yang dingin dan sangat jernih serta dingin.

Air terjun Lembah Harau
Bulan 6/2011 yang lalu sebagaimana diberitakan koran lokal bahwa peserta tour de singkarak yang datang dari berbagai negara dan finish di Lembah Harau berdecak kagum melihat keindahan alam yang diapit tebing-tebing terjal yang sangat bagus untuk pecinta panjat tebing (climbing).

Bicara Keindahan alam Lima puluh Kota nan perawan yang kurang promosi itu, saya rasa tidak ada habis-habisnya. Anda akan terkesan dengan panorama alamnya nan perawan, belum terjamah oleh tangan-tangan jahil.

Areal persawahan Taram, Kecamatan Harau
Sebut saja areal persawahan Taram yang masih terletak di Kecamatan Harau, mungkin anda akan terganga seperti saya menyaksikan pemandangan  nan indah  disaat sore hari.

Samping Kiri dan Kanan jalan membentang hijau, terlihat hamparan sawah yang asri dan luas, sejauh mata memandang ke depan akan terlihat bukit seperti menghenyak duduk di ujung jalan dan awan seperti bergelantungan di puncaknya.

Jika ingin tau lebih banyak, Silahkan tanya.

Photografer: Wiwit Syafitri Rulino