Harga Batu Bacan Doko Semahal Tuba

Tempo lalu, teman saya di BBM mengajak untuk membeli bahan Bacan Doko berat 1,1 kg seharga 37 juta rupiah.

bahan-bacan-doko

Harga Bahan Bacan Doko Puluhan juta itu, (Rp. 37.000.000,-) dianggap murah, "ini harga sesama teman, kalau untuk orang lain harganya bertambah lagi", ungkap salah seorang kawan saya di BBM.

Setelah di pikir-pikir, saya urungkan niat untuk mengoleksi batu warnanya bisa berubah-ubah, dianggap 'hidup' yang berasal dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara ini.

Pernah juga saya survey harga ke toko Batu Akik di beberapa lokasi, batu bacan yang siap pakai, telah di ikat ring, kisaran harganya 5- 10 juta. Sungguh luar biasa.

Saya sempat juga beranggapan, bahan bacan Doko lebih murah dari batu akik bacan Doko yang siap pakai, ternyata tidak. Bahan Bacan Doko tetap mahal, yang lebih menyedihkan, penjual tidak mau menjual bahan untuk satu ukuran medium. Tapi mau menjual satu bongkah besar dengan berat bersih 1,1 kg.

Peminat Batu Bacan sangat banyak, dan batu Bacan Doko juga sudah terkenal se-nusantara bahkan hingga ke luar negri, faktor ini lah yang membuat harga batu akik bacan semahal  'tuba'. Tuba di jual bebas di pasaran, tapi tidak semua orang yang mau membeli. Meskipun ia mampu membeli.