Novera Akmal : Komite keperawatan kini memiliki program kerja jelas dan terukur untuk memajukan Rumah sakit

Ns. Novera Akmal, S.Kep
saat rapat membahas program
kerja komite keperawatan.
Lelaki tambun kulit kuning langsat, suka senyum yang bergelar Ns.Novera Akmal, S.Kep berujar pada Medianers, "Inilah momen penting bagi komite keperawatan untuk berbenah, bekerja maksimal dan memajukan rumah sakit. Sebab peran dan job of description komite keperawatan jelas dan bisa di ukur melalui lolos atau tidaknya suatu rumah sakit saat di survey tim akreditasi nanti. Komite keperawatan juga berperan penting menentukan kewenangan klinik perawat di rumah sakit melalui sub komite kredensial, dan komite keperawatan memiliki tanggung jawab penuh dalam menentukan mutu pelayanan Perawat di Rumah Sakit. "

Novera Akmal yang sehari-harinya bertugas sebagai Kepala Ruangan Perawat Anestesi di Instalasi Bedah Sentral RSUD dr Adnaan  WD ini menambahkan, " Dahulu, sebelum lahirnya PMK no.49 tahun 2013 tentang Komite Keperawatan, pengurus di komite keperawatan masih ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu untuk kemajuan rumah sakit, sebab komite keperawatan tidak dianggap keberadaannya. Saat ini, peran dan program kerja komite keperawatan jelas di atur oleh undang-undang, dan komite keperawatan tentunya memiliki kekuatan hukum dalam menjalankan tugas." Ungkapnya.

"Sungguh pun demikian, acuan dan panduan dalam menjalankan tugas telah diatur oleh peraturan mentri kesehatan. Namun, komite keperawatan yang saya pimpin masih banyak kekurangan dan butuh belajar ke rumah sakit lainnya yang telah menjalankan program kredensial dan penerapan jenjang karir keperawatan serta aplikasi pembentukan standar prosedur operasional." Tambah Novera akmal.

Novera Akmal selaku ketua komite keperawatan di RSUD dr Adnaan WD yang dikenal mudah bergaul dengan siapa saja ini, yang telah lama malang-melintang, sejak mulai jadi PNS hingga sekarang mengaku bangga bekerja di RSUD dr Adnaan WD, menyampaikan, "Insha Allah, komite keperawatan akan bergandeng tangan bersama bidang keperawatan, komite medis, pihak manajemen dan penunjang dalam memajukan RSUD dr Adnaan WD kedepannya." Tutupnya.

Terpisah, senada dengan ucapan Novera Akmal, Ns. Bismar, S.Kep selaku kepala bidang (Kabid) Keperawatan RSUD dr Adnaan WD mengatakan, " Kita sebagai bidang keperawatan mengajak komite keperawatan untuk bekerja bersama dalam menentukan kewenangan klinis Perawat, serta menentukan jenjang karir perawat sebagai jawaban lahirnya PMK no.49 tahun 2013. Dan, kita sedang bersiap menyiapkan dokumen terkait  bidang keperawatan menuju akreditasi Rumah Sakit. Seluruh aspirasi teman- teman perawat melalui komite keperawatan akan kita akomodir dalam memajukan pelayanan dan mutu keperawatan." Tuturnya, mengakhiri pembicaraan.
Terkait : Kendala penerapan jenjang karir perawat di Rumah sakit
Pengurus komite keperawatan memiliki peran dan tanggung jawab menentukan mutu asuhan keperawatan, kewenangan klinis perawat, menentukan jenjang karir perawat dan menegakan kode etik profesi. Secara garis besar, komite keperawatan mengurus Sumber daya manusia (SDM) perawat di rumah sakit. Sedangkan bidang keperawatan memiliki peran dan tanggung jawab mengakomodir masukan dari komite keperawatan, terkait penambahan tenaga, penganggaran kebutuhan kerja perawat dan pemetaan strategi pelayanan keperawatan. Intinya bidang keperawatan mengurus sistemnya dan komite keperawatan menjalankannya. ( AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan