5 Masalah Akan Muncul Pada Penyakit Gula (Diabetes Mellitus)

Gula-darah-normal
Medianers ~  Usaha mengetahui masalah yang akan timbul akibat penyakit gula (diabetes mellitus) sangat membantu anda untuk menghindari masalah baru atau komplikasi, bahkan dapat mencegah agar tidak terjadi penyakit seperti dibawah ini :

1. Masalah Diabetes Mellitus pada Mata

Penyakit diabetes dapat menyebabkan glaukoma (peningkatan tekanan dalam mata) dan katarak (kekeruhan lensa mata Anda). Hal ini juga dapat merusak pembuluh darah di retina di belakang mata (retinopati diabetik). 

Kondisi di atas dapat memperburuk penglihatan dan bahkan menyebabkan kebutaan. Saat anda mengalami penglihatan berkurang, bahaya serius mungkin sudah terjadi. Maka sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin pada dokter mata anda secara teratur. 

2. Masalah diabetes pada persyarafan

Orang dengan diabetes mengalami kerusakan saraf tepi (neuropati perifer). Hal ini dapat terjadi di mana saja di bagian tubuh, tetapi paling sering terjadi di tangan, dan kaki. 

Tanda dan gejala seperti merasakan kesemutan, mati rasa. jenis lain, yang disebut otonom neuropati, dapat mempengaruhi buang air kecil (sering kencing), gangguan libido, dan fungsi tubuh lainnya. 

3. Masalah Pada pencernaan

Terjadinya masalah pada pencernaan, tepatnya pada saraf vagus. Jika mengalami diabetes, pencernaan melambat. Anda mungkin merasakan mulas, mual, muntah, kembung, merasa perut terlalu penuh setelah makan, dan kurangnya nafsu makan. 

Mengelola kadar gula dalam darah tetap normal dapat membantu mencegah masalah tersebut. 

4. Resiko Terjadi Stroke

Stroke sering terjadi pada orang dengan diabetes, dan mereka juga cenderung terjadi pada usia lebih dini. Stroke terjadi ketika salah satu pembuluh yang mengirimkan darah ke otak menjadi lemah, atau terblokir. 

Ketika jaringan otak kekurangan darah, dapat menjadi rusak secara permanen dalam beberapa menit. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya?

Yaitu mengontrol gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Jika angka tinggi pada pemeriksaan laboratorium  dapat berarti risiko yang lebih tinggi. 

5. Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh diabetes, sebab apa bila gula darah tinggi dalam darah berarti kerja jantung menjadi meningkat. Dan orang-orang dengan penyakit ini lebih cenderung kelebihan berat badan atau memiliki kondisi lain, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. 

Solusi Mencegah atau Mengatasi Agar Tidak Terjadi 5 Masalah Akibat Diabetes Melitus

Merawat diri ketika telah didiagnosis dengan penyakit gula (diabetes mellitus) membutuhkan usaha serius agar anda tidak mendapatkan komplikasi. Langkah sebaiknya adalah usahakan kelola berat badan ideal, dan yang paling penting, hindari asap tembakau.  
Baca Juga : Cara Perawatan dan Pencegahan Luka Diabetes Mellitus
Anda perlu memeriksa gula darah, kolesterol, jaga makan dengan benar, tetap aktif dan berolah raga, serta dapatkan pengobatan secara teratur dan konsultasi dengan dokter ahli di pelayanan kesehatan.(AW)