RSUD dr Adnaan WD Sediakan Cairan Cuci Tangan Steril Dalam Rangka Pengendalian Infeksi Nasokomial

Cairan-cuci-tangan-steril
Cairan Kimia Untuk Sterilkan Tangan
Medianers ~ Setiap apel pagi di RSUD dr Adnaan WD, pihak manajemen selalu meminta masing-masing unit bergiliran yang diwakili 3 orang staf/ petugas untuk mendemonstrasikan 7 tahap cuci tangan sesuai standar badan kesehatan dunia (WHO).

Kebijakan tersebut dilaksanakan bertujuan membiasakan petugas kesehatan mencuci tangan dengan benar, sebagaimana kampanye yang digalakan badan kesehatan dunia, " save lives, clean your hands." Maknanya setiap orang wajib menjaga kebersihan tangannya untuk mencegah penyebaran penyakit.

Tangan, sebagai alat anggota gerak merupakan sering bersentuhan dengan benda apapun. Tahukah anda berapa jumlah bakteri yang ada di tangan? Menurut WHO, pada orang normal terdapat 39-460 ribu bakteri yang ada ditangan anda, dengan berbagai macam jenis bakteri yang bisa mendatangkan penyakit jika kontak dan tertelan melalui makanan.

Prosedur Cuci Tangan di Rumah Sakit

Menyadari pentingnya pengendalian infeksi nasokomial, yaitu infeksi sekunder yang didapat di rumah sakit, karena kontak dengan orang lain, baik dengan petugas maupun dengan keluarga, sesama pasien. Lalu bagaimana mencegahnya?

Setiap di dinding depan pintu masuk ruangan/ bangsal di RSUD dr Adnaan WD, wajib menyediakan cairan kimia pemberantas bakteri, cairan ditempel. Tujuannya mempermudah seluruh pengunjung dan petugas Rumah Sakit mencuci tangannya dengan cairan kimia tersebut. 

Kenapa diletakan di pintu masuk? Agar, baik petugas, maupun pengunjung mencuci tangan sebelum masuk dan setelah keluar ruangan atau sebelum dan sesudah kontak dengan pasien. Jangan sampai membawa bakteri dari luar yang bisa menginfeksi orang lain, atau sebaliknya membawa bakteri dari dalam ruangan dan menginfeksi orang luar jika bersentuhan. 

Prosedur demikian, telah diterapkan di RSUD dr Adnaan WD. Jika anda berkunjung ke Rumah Sakit milik daerah Kota Payakumbuh ini, jangan lupa mencuci tangan dengan cairan yang terpajang di dinding pintu masuk, bentuk kemasannya seperti gambar di atas. Gunakan cuci tangan tersebut saat masuk dan keluar ruangan, demi keselamatan anda dan orang lain.( AntonWijaya)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan