Keuntungan Beribadah di Bulan Ramadhan

Baca Al-Quran di bulan ramadhan/
photo : Ns.Abdillah Fajri, S.Kep
Medianers - Kenapa kita harus mengerti bisnis? Jawabannya karena prinsip bisnis dipakai di semua aspek kehidupan, termasuk dalam beribadah. Pada dasarnya bisnis mencari keuntungan dan menghindari kerugian. 

Begitupun dalam beribadah, kita beribadah jangan mau untuk rugi dan jangan mau untuk kalah.  Dalam hal sederhana di bulan ramadhan. Sebagai berikut contohnya.  

Contoh 1 : Seorang muslim puasa di siang hari,  saat puasa dia bekerja dan kerjanya itu dinilai ibadah. Istirahat kerjanya, ia tidur dan dinilai juga ibadah.  Ia menjalankan sholat, malam harinya dia taraweh dan setelahnya membaca al-qur'an serta sholat sepertiga malam.  

Contoh 2 : Seorang muslim puasa dibulan ramadhan, bekerja saat ia berpuasa,  saat istirahat kerjanya ia membaca al-qur'an bukan tidur siang yang orang lain anggap tidur orang berpuasa adalah ibadah.  Ia shalat tarawih dan shalat sepertiga malam.

Dalam 2 dua contoh diatas jika kita mengerti bisnis maka kita akan memilih contoh ke 2 untuk kita jalankan sebagai pedoman yang menguntungkan.

Tidur bagi orang berpuasa berpahala, namun membaca al-qur'an 1 huruf mendapatkan pahala 1 dan jika dalam keaadaan berwudhu akan dikalikan 7 ditambah orang yang sedang berpuasa dikalikan 10, maka dalam 1 huruf kita mendapatkan 70 pahala.

Jika kita tidur selama 2 jam kita hanya mendapatkan 1 pahala maka berapa huruf kita bisa baca ayat suci al-quran dalam 2 jam?

Sungguh maha besar Allah memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita dengan hadirnya bulan Ramadhan. Maka apakah kita masih berani membela diri dengan mengatakan tidur siang bagi orang berpuasa itu ibadah?

Demikianlah sedikit pendapat saya yang dapat saya bagikan.  Semoga bermanfaat. (Ns.Abdillah Fajri, S.Kep)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan