Vitamin Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Medianers ~ Hello ayah dan ibu apa kabar ? Medianers kembali hadir membahas seputar tumbuh kembang anak, terutama tentang pertumbuhan anak yang tidak berkembang dengan baik sesuai usianya. Dasar pertimbangan anak tidak tumbuh dan berkembang dengan baik berdasarkan indikator Berat Badan dan Tinggi badan.

Pada anak usia 1 tahun, idealnya berat badan anak laki-laki adalah 7,8 kg hingga 12 kg, dan panjang badannya usia 1 tahun adalah 71 cm - 81,5 cm. Sedangkan berat badan anak perempuan usia 1 tahun adalah 7,1 kg hingga 11,5 kg. Dan panjang badannya adalah 68 cm - 79,2 cm. Selengkapnya terkait tumbuh kembang anak dari 0 hingga 1 tahun telah medianers kupas di pedoman tahap tumbuh kembang ini.

Cara gampang mengetahui tumbuh kembang anak tidak berkembang?

Secara kasat mata, cara mudah bagi orang tua untuk mengetahui anak tidak berkembang dengan baik sesuai umurnya adalah berdasarkan berat badan dan panjang badan. Untuk itu kenali dulu berat badan ideal dan tinggi ideal sang anak. Bila telah dipahami, ternyata setelah diukur dan ditimbang anak tidak berkembang dengan baik, lalu apa yang akan dilakukan?
Tumbuh-kembang-anak
Ilustrasi / photo :alana.io
Pertama-tama silahkan kaji ulang riwayat gizi si anak, apakah sudah mendapatkan nutrisi dengan benar? Apakah dapat ASI ekslusif minimal selama 6 bulan. Dan, bagaimana pula dengan riwayat kesehatan masa lalunya, apakah selalu sakit-sakitan menjelang usia 1 tahun? Bilamana iya, maka status gizi anak perlu ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung multivitamin agar daya tahan tubuh anak bagus, terhindar dari penyakit dan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Apa Vitamin untuk tumbuh kembang anak?

Agar vitamin dalam tubuh anak bisa tercukupi dengan bagus, maka ibu bisa mendapatkannya melalui makanan/ nutrisi.
Seperti protein, serat, kalsium, dan vitamin D. Selain dari makanan tentunya vitamin juga bisa didapatkan dari suplemen berdasarkan rekomendasi dokter anak.

Nah, Vitamin untuk tumbuh kembang anak yang bisa didapatkan dari sari pati makanan yang mudah di dapat sebagai berikut:

1. Protein Nabati dan Hewani

Sebagaimana kita ketahui protein adalah zat pembangun, zat yang mempercepat pertumbuhan sel-sel tubuh. Anak pada usia 1 tahun tentunya membutuhkan zat pembangun yang dimaksud, untuk itu protein bisa didapatkan melalui nabati dan hewani, protein nabati terdapat pada kacang polong, brokoli, alpukat, jamur dan 'makanan rakyat' seperti tahu dan tempe. Mudah bukan mendapatkan makanan mengandung protein nabati.

Kemudian, protein hewani bisa di dapatkan melalui daging ayam, dibagian dada ayam yang paling tinggi proteinnya, pada ikan, pada daging sapi, kerbau dan lain-lain juga terdapat protein. Jadi Ibu, dapat mengolah makanan protein ini dengan kreatif untuk diberikan pada anak, misal membuat Sup, bubur, dan lain-lain, bila menu makanan diolah bervariasi anak akan tertarik untuk mengkonsumsinya. Tentunya akan berefek pada tumbuh kembang anak menjadi baik, selain fisik juga terhadap kecerdasannya.

2. Vitamin D dan Kalsium Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ibu dan Ayah tidak perlu khawatir, vitamin D dan Kalsium ini juga bisa di dapatkan dengan mudah melalui makanan. Vitamin D dan Kalsium ini bagus untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang anak, jadi vitamin ini patut di konsumsi, dan bisa di dapatkan melalui Susu.

Susu kaya akan Vitamin D dan Kalsium. Selain susu, dalam kuning telur juga terdapat vitamin D meskipun tidak banyak, tapi telur sangat mudah di dapatkan, selain itu telur juga kaya protein dan lemak. Kemudian pada Ikan Salmon juga sangat kaya dengan kandungan vitamin D dan Kalsium, jadi ibu tinggal mengolah jenis makanan tersebut semenarik mungkin sesuai untuk usia anak. Mungkin di olah dengan dijadikan bubur bersama nasi atau semacam penganan untuk cemilan anak.

Dan, Vitamin D serta Kalsium yang paling praktis juga bisa di dapatkan melalui sinar matahari pagi. Jadi, dengan tercukupinya kebutuhan vitamin D dan kalsium sang anak, semoga mempercepat pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai usianya, panjang badan anak kian bertambah dari tahun ke tahun.

Makanan bergizi untuk tumbuh kembang anak banyak di dapatkan pada menu lainnya, namun medianers cukup menyudahi dengan dua macam saja yakni penuhi kebutuhan protein anak dan dapatkan vitamin D serta Kalsium anak.  Agar berat badan dan panjang badan anak ideal (normal). Bagi ibu yang tertarik menggali jenis makanan lainnya silahkan, untuk variasi menu anak.

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi ibu dan ayah yang sedang mencari informasi tentang makanan mengandung vitamin untuk pertumbuhan dan perkembangan anak usia 1 tahun. Seandainya anak telah mendapatkan nilai gizi dan vitamin yang cukup, namun tetap tidak berkembang dengan baik, kemungkinan ada faktor penganggu lainnya, maka sebaiknya periksakan pada ahlinya di pelayanan kesehatan terdekat, kemungkinan gangguan dari sistim pencernaan atau hormon pertumbuhannya. Sebaiknya segera periksakan.(AW)