Bagaimana Cara Mengelola Persepsi ?

Persepsi-gambar-objek
Wajah  atau bunga ?
 Gambar diambil di http://tengkuchairunnisa.blogspot.co.id/ 
Medianers ~ Jika dilihat sepintas lalu, gambar di atas menyerupai wajah seseorang. Namun, jika diperhatikan dengan seksama ternyata gambar tersebut adalah beberapa tangkai bunga yang daunnya akan dihinggapi oleh kupu-kupu.

Objek/gambar di atas cukup fenomenal, yakni bisa memunculkan penafsiran berbeda setiap orang yang melihatnya. Penafsiran ini merupakan persepsi, dan persepsi biasanya di pengaruhi oleh pengalaman, situasi mental, seperti emosi, mood dan perasaan. Persepsi juga dipengaruhi oleh waktu dan tempat.

Jadi persepsi dapat diartikan bagaimana tanggapan, pandangan seseorang terhadap sesuatu sehingga ia memiliki penafsiran tersendiri terhadap informasi atau objek apa yang ia lihat, dengar dan rasakan.

Bagaimana Cara Mengelola Persepsi ?

Persepsi dapat dikelola dengan baik, bilamana objek yang dilihat, ditinjau dari berbagai sudut pandang. Jika mengamati secara sepihak maka akan melahirkan 1 penafsiran saja. Tapi, jika ditinjau dari aspek lain, maka akan menghadirkan pengertian lain yang belum tentu sesuai maknanya dengan penafsiran pertama.

Demikian juga halnya ketika dibawa dalam kehidupan nyata, bilamana tidak hati-hati mengelola persepsi maka bisa saja hadir sebuah "praduga" yang belum tentu benar. Sebab bila dipandang dari sudut lain, mungkin akan menghadirkan pengertian berbeda. Kesimpulan, dalam menyimpulkan suatu objek atau informasi, idealnya mengamati dan menelaah dari berbagai sudut pandang.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan