Penemuan Baru, Lendir Lele Bisa Sembuhkan Luka Diabetes

Ikan Lele
Medianers ~ Inovasi anak negri terus berkembang melalui penelitian, dahulu ada sebuah riset tentang manfaat madu untuk penyembuhan luka diabetes. Baru-baru ini ada pula penemuan cara penyembuhan luka diabetes dengan lendir lele yang sudah diuji coba dan dikemas dalam bentuk salep. 

Penelitian tentang manfaat lendir lele untuk kesembuhan luka diabetes ini dilakukan oleh lima orang mahasiswa yang tergabung di Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, yang mana mereka dibimbing oleh Prof.  DR. drh. Siti Isrina Oktavia Salasia.

Empat mahasiswa tersebut menciptakan obat luka diabetes berbentuk salep. Mereka adalah Joshua Alif Wendy, Dion Adiriesta Dewanda, Megaria Ardiani, Utami Tri Khasanah, dan Raden Mas Ravi Hadyan.

Kelima mahasiswa menamakan salep penemuannya itu, Scriac-Biolingent atau Super Clariac Biomimicry Helaing Agent. Sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan mereka tentang pertahanan tubuh ikan lele yang begitu bagus, meskipun hidup di air keruh, bahkan di tempat tercemar ikan lele tetap survive menjalani kehidupan.

Ravi mengungkapkan, sebagaimana yang dituliskan Switzy Sabandar di liputan6.com, (5/8) bahwa, "Lele dikenal sebagai ikan air tawar yang punya mekanisme imunitas kompleks. Artinya, walaupun ikan ini hidup di lingkungan air tercemar penuh bakteri patogen, tetapi jarang mengalami infeksi karena imunitas nonspesifiknya berupa lendir pada kulit. Lendir atau mukus lele mengandung senyawa-senyawa protein aktif berupa Antimicrobial Peptides(AMPs)."

Ravi menambahkan, "Senyawa ini memiliki potensi untuk menyembuhkan luka karena memiliki aktivitas bakterisidal yang kuat untuk membunuh bakteri-bakteri patogen."

Dengan adanya penemuan baru ini, semoga dapat membantu dan mempercepat proses penyembuhan luka diabetes, dan pastinya juga akan berdampak positif bagi tenaga kesehatan, serta bermanfaat pula bagi penderita diabetes agar lukanya cepat sembuh. Semoga.(Sumber gambar dan tulisan: Liputan6.com, kreativitas.ugm.ac.id dan juraganbibitlele.blogspot.co.id / Editor: AntonWijaya)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan