Apa Itu Stroke ?

Stroke-ringan
Medianers ~ Apa itu stroke? Stroke adalah keadaan darurat medis mengancam jiwa yang terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terputus. Pasokan darah terputus oleh gumpalan darah atau karena pembuluh darah pecah. 

Seseorang yang mengalami stroke akan kehilangan kontrol atas gerakan mereka, persepsi dan bicara. Mereka juga mungkin kehilangan kesadaran. Pengobatan dan perawatan di rumah sakit yang cepat sangat penting untuk kelangsungan hidup penderita stroke. 

Penyebab stroke hampir 80% disebabkan oleh penyumbatan darah kaya oksigen yang mengalir ke otak. Stroke iskemik misalnya, dipicu oleh salah satu trombus, yang merupakan gumpalan terbentuk di pembuluh darah, atau embolus, yakni bekuan yang bergerak melalui aliran darah dan menjadi bersarang di pembuluh darah. 

Stroke iskemik sering didahului oleh serangan iskemik transien (TIA) atau disebut juga stroke ringan, yang episode aliran darah tidak memadai yang dapat menghasilkan gejala-gejala ini: 
  1. Kelemahan fisik tiba-tiba 
  2. Ketidakmampuan untuk berbicara
  3. Penglihatan ganda/ nanar
  4. Pusing 
  5. Gejala awal TIA, biasanya berlangsung dalam waktu 24 jam. 
Berhubung ini tanda-tanda awal stroke yang akan menjadi lebih serius masa datang, sebaiknya dilakukan penanganan serius dan segera dapatkan bantuan medis di pelayanan kesehatan terdekat.
Baca Juga : 3 Jenis Stroke Patut Anda Ketahui
Sirkulasi dan pasokan oksigen penting dengan cepat diberikan agar kerusakan saraf di otak dapat dihindari. Jika penanganan TIA/ stroke ringan terlambat, dan gangguan aliran darah berlangsung cukup lama, maka  beresiko terjadinya kerusakan sel-sel otak, yang akan menghasilkan kerusakan permanen.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan