Cara cepat penyembuhan ruptur tendon achilles

Pertanyaan Tatang di kotak komentar pada postingan Ruptur Tendon Achilles

Saya mengalami pecah tendon achilles dikaki sebelah kiri dan sudah dioperasi 3 bulan yang lalu oleh dokter orto.Sekarang saya sudah bisa berjalan tetapi belum normal/masih kaku usia saya 63tahun.Yang ingin saya tanyakan adakah cara untuk mempercepat bisa berjalan normal kembali? trims.


Jawaban Author Medianers:

Saya mengucapkan terima kasih pada saudara Tatang, yang telah berkunjung dan bertanya mengenai penyembuhan ruptur tendon achilles yang telah dioperasi (tendoplasti). Disini saya ingin menjelaskan, bahwa author medianers (penulis) bukan ahli ortopedi, jadi dalam menjawab pertanyaan diatas berdasarkan latar belakang dan kapasitas yang saya miliki, yaitu perawat kamar bedah.

Sekiranya nanti ada kekeliruan dalam jawaban yang saya tulis, mohon dikoreksi dan beri masukan. Siapa saja boleh menyampaikan dikotak komentar, agar informasi yang diberikan tidak membawa keburukan bagi orang lain.

Kembali ke pertanyaan saudara Tatang, bahwa beliau berumur 63 tahun,mengalami pecah tendon, telah operasi 3 bulan yang lalu, yang ditanyakan, adakah cara untuk mempercepat berjalan normal kembali?

Dari situasi diatas, saya ingin menjelaskan dulu bahwa, ruptur tendon masa penyembuhanya 6-12 bulan. Ketika saya pelatihan di Kamar Operasi Bedah Sentral RSUP dr M. Djamil padang, Senior perawat, Alfred, Assisten ortopedi,menjelaskan, untuk operasi tendoplasti ( menautkan tendon yang putus dengan benang) digunakan benang Prolen atau benang Premilene, sebab masa penyembuhan tendon diatas 6 bulan dan cocok dengan masa penyerapan benang tersebut, yaitu diatas 6 bulan.

Maksud dari pembahasan diatas adalah, tendon achilles yang terputus, memakan waktu yang lama penyembuhanya, jika dipaksakan beraktifitas tinggi, pada rentang 6 bulan kebawah, dikhawatirkan putus kembali.

Namun yang jadi pertanyaan, sesuai dengan keluhan saudara Tatang, bahwa tendon achillesnya pecah, bukan putus. Penyebab pecahnya juga tidak dijelaskan, karena saya tidak bisa melihat keadaan nyata, maka sulit untuk disimpulkan.

Namun, prinsip secara umum, jika operasi telah berjalan 3 bulan. Sebaiknya dilatih utk mengerak-gerakan secara sederhana, agar tidak terjadi penciutan dan kaku pada otot, serta aliran darah menjadi lancar, sehingga proses penyembuhan semakin cepat.

Berdasarkan pengalaman seorang pasien, yang bernama Giuseppe Filoto, dalam blognya (http://www.gfilotto.com/achilles-tendon-rupture-recovery-manual) mengatakan, bahwa dalam rangka 5 bulan tendon achillesnya sembuh dengan sempurna, ia bisa melakukan aktifitas tinggi. Namun beliau tidak menjelaskan asupan gizi, sehingga bisa sembuh secara cepat, tapi menjelaskan tentang latihan gerakan Renang. Latihan renang dianggap baik untuk penyembuhan, karena membutuhkan gerakan pergelangan kaki.


Sesuai Umur Saudara Tatang, 63 tahun, saya anjurkan untuk latihan gerakan sederhana saja, agar otot kaki tidak kaku. Kemudian, sebaiknya konsul fisiotherapi tentang latihan pergerakan yang tepat untuk mencegah kekakuan.

Terakhir, sebaiknya konsulkan kembali pada dokter ortopedi yang telah mengoperasi, karena beliau lebih paham dengan kondisi dan keadaan yang saudara Tatang alami. Saya rasa cukup sekian, jika ada yang mau menambahkan, silahkan dikotak komentar.

Video latihan pergerakan untuk ruptur tendon achilles


Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan