Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Sebaiknya Cuci Tangan (Hand hygiene) ?

Medianers ~ Cuci tangan (hand hygiene) adalah suatu upaya atau tindakan membersihkan tangan, baik dengan menggunakan sabun antiseptik di bawah air mengalir atau dengan menggunakan handrub berbasis alkohol dengan langkah-langkah yang sistematik sesuai urutan, sehingga dapat mengurangi jumlah bakteri yang berada pada tangan.

Tujuan hand hygiene adalah menurunkan resiko infeksi karena sering kontak antara petugas dan pasien. Selain itu, hand hygiene bertujuan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit sebab Mikroorganisme juga sering berpindah seiring dengan adanya kontak antara petugas kesehatan dengan alat, pasien bahkan dengan petugas kesehatan lain.


Siapa saja yang harus Cuci Tangan (Hand hygiene)?


WHO menyarankan untuk setiap orang atau petugas yang tersebut dibawah ini untuk selalu mematuhi prosedur hand hygiene, yaitu :
  1. Setiap orang yang kontak langsung dengan pasien seperti: dokter, perawat dan petugas kesehatan lainnya (fisioterapi, laboratorium).
  2. Setiap orang yang kontak dengan pasien, meskipun tidak langsung seperti : ahli gizi, farmasi dan petugas tehnik.
  3. Setiap personil yang berkontribusi dengan prosedur yang dilakukan terhadap pasien
  4. Setiap orang yang bekerja di lingkungan rumah sakit
  5. WHO (World Health Organization)menganjurkan five moment of hand hygiene (5 waktu cuci tangan), yang merupakan petunjuk waktu kapan petugas harus melakukan hand hygiene.


Kapan Sebaiknya Cuci Tangan (Hand hygiene)?

Cuci tangan sebaiknya dilakukan 5 waktu (momen), waktu yang dimaksud serta alasannya, silahkan simak dalam tabel di bawah ini:

1 Sebelum kontak dengan pasien

Kapan ? Bersihkan tangan sebelum menyentuh pasien Kenapa ? Untuk melindungi pasien dari bakteri patogen yang ada pada tangan petugas.

2 Sebelum melakukan tindakan aseptik

Kapan ? bersihkan tangan segera sebelum melakukan tindakan aseptik Kenapa ? untuk melindungi pasien dari bakteri patogen, termasuk yang berasal permukaan tubuh pasien sendiri, memasuki bagian dalam tubuh.

3 Setelah kontak dengan cairan tubuh pasien

Kapan ? Bersihkan tangan setelah kontak atau resiko kontak dengan cairan tubuh pasien ( dan setelah melepas sarung tangan) Kenapa ? untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

4 Setelah kontak dengan pasien

Kapan ? bersihkan tangan setelah menyentuh pasien, sesaat setelah meninggalkan pasien Kenapa ? untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

5 Setelah kontak dengan area sekitar pasien

Kapan ? bersihkan tangan setelah menyentuh objek atau furniture yang ada di sekitar pasien saat meninggalkan pasien, walaupun tidak menyentuh pasien Kenapa ? untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

Terkait:
Demikianlah tentang Siapa saja yang harus cuci tangan (Hand hygiene) dan kapan sebaiknya cuci tangan (Hand hygiene) dilakukan.( AntonWijaya)