Pedoman Puasa Sebelum Menjalani Operasi

Pedoman-Puasa-Sebelum-Menjalani-Operasi

Medianers ~ Menjalani puasa jelang operasi atau pembedahan merupakan sebuah keharusan yang wajib dipatuhi oleh pasien. Alasan mengapa harus puasa jelang operasi sudah pernah medianers uraikan. Menurut American Society Of Anesthesiologist lama waktu puasa sebelum operasi juga diatur atau disesuaikan dengan pedoman sebagai berikut:

Jenis Makanan
Puasa Minim
Cairan bening / jernih
2 jam
Air Susu Ibu (ASI)
4 jam
Susu formula untuk bayi
6 jam
Susu sapi
6 jam
Makanan ringan
6 jam

Rekomendasi Pedoman Puasa Sebelum Menjalani Operasi dari American Society Of Anesthesiologist ini diaplikasikan untuk pasien sehat yang akan menjalani prosedur operasi elektif (direncanakan). Tidak ditujukan untuk wanita hamil. Dengan mengikuti pedoman ini tidak menjamin pengosongan lambung yang sempurna. Periode puasa minimal diaplikasikan untuk semua usia.

Contoh cairan bening / jernih adalah: air putih, jus buah tanpa bulir / ampas, minuman berkarbonasi, teh, dan kopi. Konsistensi susu sapi mirip dengan makanan padat dalam waktu pengosongan lambung, jumlah susu yang diminum harus dipertimbangkan saat menentukan periode waktu puasa yang tepat.

Contoh makanan ringan adalah roti dan cairan bening. Makanan yang digoreng atau berlemak atau daging dapat memperlama waktu pengosongan lambung. Jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi harus dipertimbangkan saat menentukan periode waktu puasa yang tepat.(Dihimpun dari berbagai sumber)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan